Breaking News

PROXMOX

Proxmox logo standard hex 400px


A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
Proxmox merupakan kependekan dari Proxmox Virtual Environment ada juga yang menyingkatnya menjadi PVE.Pengertian dari Proxmox VE adalah suatu platform virtualisasi yang stabil,lengkap,memiliki team support yang baik dan masuk dikelas  virtualisasi enterprise.Proxmox VE akan melakukan manajemen container,Virtual machine,storage,jaringan virtual,higt availability clutser melalui anatar muka web dan dapat juga menggunakan command line.

2.LATAR BELAKANG
Untuk menyiapkan penginstalan sebuah Proxmox ke server.untuk implementasi dalam dunia industri.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
untuk menghubungkan juga untuk mengendalikan antara pc laptop dengan server langsung dengan tanpa menggunakan monitor,mouse,dan keyboard tetapi kita bisa langsung mengontrolnya secara langsung melalui laptop(Wireless).

4.ALAT DAN BAHAN
 -OS proxmox
-Pdf.proxmox;ada pada portal BLC telkom bagian repositori

5.WAKTU YANG DIBUTUHKAN
10 menit.

B.ULASAN
PVE ini juga dikenal sebagai type hypervisor. Hypervisor ini merupakan aplikasi yang dapat melakukan manajemen virtual machine. Hypervisor dapat membuat virtual machine ,  melakukan konfigurasi virtual machine, menjalankan virtual machine dan juga mengendalikan virtual machine ini,Atau kita bisa mengistilahkan sebagai suatu server yang ada didalam server.

Proxmox VE ini merupakan type 2 hypervisor. Type 2 hypervisor adalah hypervisor yang berjalan di atas operating system. Sedangkan type 1 hypervisor adalah hypervisor yang langsung menangani perangkat keras tanpa melalui operating system.
Proxmox VE menggunakan Linux Debian karena Linux Debian mempertimbangkan release pada saat versi tersebut mencapai stability, security dan usability yang baik. Dengan demikan maka Proxmox VE mengandalkan Linux Debian dalam komitmentnya dalam stability, security, dan usability.
Proxmox VE menyediakan teknologi virtualisasi diantaranya yaitu;

1.KVM
KVM merupakan kependekan dari kernel virtualisasi machine,merupakan bagian integral linuk pada tahun 2007.Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi http://www.linux-kvm.org/.

2.QEMU
QEMU menyediakan emulasi dan virtualisasi interface.Informasi lebih lengkapnya ada di http://www.qemu.org

3.LXC
LXC atau linuk container merupakan virtualisasi OS.contein nya di isolasi tetapi masih melakukan share pada operating system dan juga library/bin.Lebih lengkapnya bisa kunjungi link dibawah ini.
https://linuxcontainers.org/ .

  1.  Kelebihan dari Proxmox diantaranya;
  • Open source
  • Mudah dalam instalasi
  • Mendukung berbagai format harddisk virtual
  • Mendukung platform virtualisasi berbasis KVM dan Open VZ
C.MASALAH YANG DITEMUKAN

Sulit mencari auto power on dalam mensettingnya di BIOS.

D.HASIL YANG di DAPAT

Bisa menginstall dan meng upload OS debian

E.KESIMPULAN
Bahwa Proxmox adalah sebuah aplikasi atau OS khusus yang dibuat untuk virtualisasi dalam menginstall baik dalam menginstall OS  maupun yang lainnya,atau Proxmox bisa dikatakan sebuah pembuatan server di dalam server.

F.REFERENSI

  • http://www.proweb.co.id/articles/datacenter/proxmox_ve.html

Tidak ada komentar