Breaking News

BLOKIR SITUS DENGAN LAYER 7 PROTOCOL





A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN

Layer7-protocol adalah metode untuk mencari pola pada aliran ICMP/TCP/UDP.

L7 matcher mengumpulkan 10 paket pertama dari konneksi atau 2KB koneksi petama dan mencari pola data yang dikumpulkan.Jika pola ini tidak ditemukan dalam data


2.LATAR BELAKANG
Mengetahui bagaimana memblokir situs lewat layer 7 protocol.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Memblokir situs facebook dengan layer 7 protocol.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • mikrotik rb941
  • kabel utp
5.JANGKA WAKTU
5 Menit.

B.ULASAN PRAKTEK 
 Sebelumnya saya sudah menyetting mikrotik saya point to point,jadi disini saya tinggal masuk menu "ip"lalu ke "firewall".

kemudian masuk ke "Layer7 protocol"

masukan name;yaitu nama situs yang mau di blokir.contohnya dibawah saya ingin memblokir situs facebook maka di name saya ketik"facebook".Jika name sudah diisi selanjutnya di bawah name ada "regexp"kita masukan codingnya yaitu dengan tanda disamping                     ^.+(facebook.com).*$
kita apply dan ok.

selanjutnya di firewall kita masuk ke "filter rules",di general chain-nya"forward".

Di advanced bagian layer7 protocol kita masukan "facebook".lalu..

 Di action-nya kita ganti dengan "drop".apply dan ok


 JIka sudah terakhir kita masuk ke browser untuk mencoba apakah kita berhasil memblokir apa tidak.kita masukan ketik"facebook.com"lalu tunggu..,jika berhasil maka facebook browser tidak bisa membuka facebook.Disini saya berhasil memblokirnya.


 Sekian dari saya,semoga bisa bermanfaat...
selamat meencoba.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Kurang teliti saat mengkonfigurasinya,sehingga situsnya masih bisa di access.


D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa memblokir situs sendiri.

E.KESIMPULAN
Jadi layer 7 protocol di gunakan untuk memblokir situs.yang dimana situsnya hanya terblokir di jaringan yang terhubung pada router saya.

F.REFERENSI

2 komentar: