Breaking News

ACCESS PORT & TRUNK PORT



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr..wb
apa kabar semua.??,berjumpa lagi di blog saya tentunya untuk saling berbagi informasi ya gan.
Disini di blog saya,saya akan membahas tentang apa itu access port dan trunk port atau bisa juga disebut dengan mode access dan mode trunk.Berikut penjelasannya.

1.PENGERTIAN
Mode access atau Mode trunk merupkan sebuah mode yang dimana keduanya digunakan untuk mengkonfig sebuah jaringan yang dimana didalam jaringan tersebut disetting Vlan.Nah untuk pengertian dari port access atau mode access yaitu mode Vlan yang hanya mengenal hanya untuk satu Vlan saja.Sedangkan untuk port trunk atau mode trunk  merupakan mode yang digunakan untuk melewatkan satu Vlan atau beberapa Vlan.Trunk mode ini lebih tepatnya disebut sebagai jembatan penghubung dari beberapa Vlan supaya bisa lewat,Untuk koneksi antar switch atau switch dengan router yang memakai Vlan juga.

Mode access dan mode trunk biasa digunakan untuk mengkonfig sebuah jaringan komputer switch seperti gambar di bawah ini.

Sebelum mengkonfigurasi mode access atau mode trunk,hal yang terlebih dahulu kita dikonfigurasi yaitu membuat Vlan terlebih dahulu pada switch baik itu 1,2 maupun 3 Vlan.Dengan masuk   " conf t" buat hostname switch yaitu SW-1 selanjutnya buat vlan,contoh vlan 10 maka masukan perintah pada   " SW-1(Config)#vlan 10" lau enter kemudian masukan namenya pada " SW-1(Config)#name feri" lalu enter.

Untuk membuat  mode trunk masuk pada switch config t,selanjunya ketik interface fastethernet xx yaitu interface yang menuju switch yang lain   SW-1(config)#interface fasteternet 0/4 ,saya mengkonfigurasi dengan mengambil contoh gambar di atas.JIka sudah enter kemudian "  SW-1(config-if)#switchport mode trunk "   lalu enter.

Sedangkan  untuk mengkonfigurasi access mode,yaitu sama seperti perintah sebelumnya cuma pada interface fastethernet nya diganti dengan interface komputer yang terhubung ke switch.Jadi pada "  SW-1(config-if)#Switchport mode access  "enter kemudian masuk lagi "  SW-1(config-if)#switchport access vlan 10  " kenapa Vlan?? karena mode access ini hanya digunakan untuk satu vlan tidak bisa lebih,makanya saya disini menggunakan vlan.

Sekian sharing informasi dari saya semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.
sampai jumpa di blog saya selanjutnya.

B.MASALAH YANG DIDAPAT
Tidak teliti dalam mengkonfig,sehingga sering troublessoot supaya bisa terhubung.

C.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfig banyak Vlan dengan menggunkan mode trunk.

D.KESIMPULAN
Bahwa mode access dan mode trunk memiliki fungsi yang berbeda,yaitu jika mode access hanya mengenal satu Vlan sedangkan mode trunk untuk banyak Vlan supaya  saling bisa lewat terhubung.

E.REFERENCE
KLIK disini

1 komentar: