Breaking News

CLASS CISCO>>Network security(Chapter7)



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Apa kabar semua?? semoga sehat  yah...;v
Di postingan saya kali ini akan membahas tantang apa itu "Network Security??"

1.PENGERTIAN
Network security(jaringan) atau keamanan jaringan dalam jaringan komputer sangat lah penting untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalagunaan sumber daya jariingan yang tidak sah.Network security dapat di artikan sebagai penjaga atau pelindung dan memfilter jaringan yang akan masuk.Network security juga bisa di gunakan untuk membatasi dari akses yang berbahaya seperti hackker dan penyusup.Maksud dari hacker dan penyusup ini yaitu seseorang yang berusaha mengakses suatu jaringan perusahan yang dimana mereka tidak mempunyai izin untuk mengaksesnya.
"Apa yang diinginkan hacker dan penyusup?"
hacker dan penyusup memasuki jaringan untukl;
-information theft,-identify theft,data loss/manipulation,-
  • Information theft,maksudnya disini hacker dan penyusup mengambil sebuah informasi penting dari sebuah perusahaan.Informasi ini tentunya sangat banyak memberikan keuntungan,keuntungan nya dapat diambil dari informasi yang telah diambil tadi,biasanya informasi itu di jual kepada pihak yang membutuhkan dengan harga yang sangat mahal.Tapi dari semua keuntungan itu banyak juga bahaya yang mengancam si hacker.Karena bisa saja hecker tersebut menjadi tersangka buron polisi dinegaranya maupun diluar negaranya.
  • Identify theft,yaitu mengmbil sejumlah informasi seseorang mengenai data diri ataupun yang bersifat pribadi.Hacker mengambil identitas biasanya untuk disalah gunakan untuk kasus kejahatan atau untuk menipu korban supaya si korban percaya bahwa informasi yang datang adalah benar adanya.Contoh kasusunya tentang penipuan kepada seseorang untuk mengirimkan sejumlah uang kerekening pelaku atau modus nya dengan menyuruh korban untuk memberikan sejumlah informasi tentang tabungan ataupun kartu ATM.
  • Data loss/manipulasi,suatu tindakan merubah atau menghilangkan suatu  data yang ada untuk pastinya memberikan kerugian kepada pihak yang telah kehilangan.
Sumber asal ancaman
Sumber ancaman nya biasanya dari eksternal dan internal.
  • Sumber eksternal,Sumber ini biasanya berasal dari pihak luar suatu perusahaan atau instansi atau orang yang tidak dikenal.Mereka mencoba masuk dalam Jaringan perusahaan yang tujuannya pasti merugikan.
  • Sumber internal,Berasal dari dalam perusahaan atau instansi atau sumber ancamannya merupakan orang dalam perusahaan itu sendiri.Ancaman terjadi bila seseorang memiliki akses yang sah ke jaringan melalui akun pengguna atau memiliki akses fisik ke jaringan.Dalam sumber internal pelaku sangat mudah untuk memasukinya karena  biasa orang dalam memiliki akses langsung atau terhubung ke dalam jaringan.
Melihat dari ancaman diatas,maka dapat kita ketahui bahwa network security sangat lah penting karena jika tidak ada maka suatu jaringan dapat dimasuki atau diretas seseorang dengan mudah,yang dimana pasti nya kita akan mendapat kerugian.

B.HASIL YANG DI DAPAT
Sudah mulai mengetahui tentang network security.

C.KESIMPULAN
Bahwa ternyata network security atau keamanan jaringan sangatlah penting keberadaannya karena dengan adanya network security membuat data atau informasi kita bisa aman.Meski begitu keamanan data masih terancam oleh penyusup atau hacker.

D.REFERNCE

KLIK disini

Tidak ada komentar