Breaking News

ROUTER ON STICK>>Inter-Vlan routing

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb
bejumpa lagi di blog saya.Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan konfigurasi inter-Vlan routing pada topologi Router on stick.
Berikut pengertiannya terlebih dahulu tentang apa itu router on stick??

1.PENGERTIAN
Router On stick adalah sebuah topologi jaringan Vlan yang dimana perangkat router ini sebagai pangkal atau batang dari kabel switch yang menuju ke terminal.
Gambar dari topoologi router on stick
Jadi pada toopologi diatas apabila terjadi kerusakan pada kabel yang menuju ke router maka secara otomatis semua pc atau switch akan terganggu bahkan mati.
Router untuk menghubungkan Vlan yang berbeda agar bisa saling berkomunikasi.Konfigurasi untuk bisa menghubungkan Vlan yang berbeda terdapat pada konfigurasi di perangkat routernya.
Berikut saya akan menjelaskan tahapan konfiguarsinya.

2.LATAR BELAKANG
Pada  dasarnya suatu network yang berbeda Vlan itu tidak bisa terhubung,maka dari itu di topologi router on stick ini digunakan untuk menghubungkan Vlan yang berbeda.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk bisa mengkonfigurasi router on stick dan menghubungkan Vlan yang berbeda.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Cisco packettracer
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
10 menit

B.ULASAN PRAKTEK

 Pertama,kita buat terlebih dahulu topologi router on stick seperti dibawah
Jangan lupa buat juga ip address untuk masing-masing PC pada setiap Vlan,Mohon maaf disini ada kesalahan  penamaan PC pada gambar dibawah,seharusnya PC1 itu saya kasih nama PC0.Disini kalian bisa menyesuaikan dengan PC selanjutnya.Berikut ip address yang saya buat untuk setiap Vlan nya.

-Selanjutnya kita konfigurasi pada switchnya.Kita enable kan switchnya lalu masuk dengan config t,buat hostname switch.

-Hostname SW-1,lalu buat Vlan nya dan juga nama Vlan nya. disini saya membuat hanya membuat dua Vlan yaitu Vlan 10 dan 20,Bisa lihat konfigurasinya dibawah ini.

Jika sudah membuat Vlan nya bisa di cek dengan perintah "  do sh Vlan brief    "lalu enter.

-Kemudian kita setting PC nya untuk dimasukan ke dalam Vlan nya.Di Vlan 10 saya memasukan PC0 dan PC1 dan di Vlan 20 PC2 dan PC 3.Lihat konfigurasinya dibawah.untuk mensettiing nya kita masuk dulu dengan config lalu interface range fastethernet sesuai PC mana yang ingin kamu masukan kedalam Vlan tersebut.Kenapa saya menggunakan range??karena range ini digunakan untuk menyetting dua atau lebih sekaligus interface.

-Menyetting Vlan 20 juga sama seperti diatas.berikut konfigurasinya.

Kemudian kita setting mode trunk pada interface yang menuju ke router.


Jangan lupa kita buat juga gateway pada router nya untuk kita masukan pada setiap pc dari setiap Vlan.Di Vlan 10 saya membuat gateway 192.168.10.3/24 dan pada Vlan 20 :192.168.20.4

Konfigurasi nya bisa lihat dibawah.Sebelum melakukan konfigurasi terlebih dahulu kita aktifkan terlebih dahulu interface yang terhubung antara switch dengan router yaitu no shutdown.

Lalu selanjutnya baru kita masuk ke interface dengan gigabitethernet0/0.10 atau sesuai dengan interface yang terhubung dari router ke switch.Kenapa saya memasukan titik 10??karena titik 10 ini sebenarnya hanya digunakan untuk sebagai penanda bahwa gateway yang dikonfigurasi itu untuk Vlan 10.Lakukan perintah seperti dibawah.


Untuk selanjutnya konfigurasi juga untuk Vlan 20.Untuk perintahnya menyesuaikan sesuai Vlan yang akan di config.
Setelah selesai masukan gateway-gateway yang telah di setting pada router sesuai dengan Vlan nya.Kemudian kita masuk ke command line promt untuk menge-ping ke PC yang berbeda Vlan.Nah disini saya telah berhasil.




C.MASALAH YANG DIDAPAT
  • Kurang teliti dalam memasukan ip gateway pada router
  • Salah dalam membuat Vlan
  • Salah memasukan interface pada Vlan.
D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa meng-config routing on stick

E.KESIMPULAN
Kesimpulannya bahwa pada perangkat router dalam topology router on stick ini menjadi pusat pangkal yang sangat penting,karena jika pada kabel yang menuju router ini rusak maka semua perangkat bisa terhubung.

F.REFRENCE
KLIK disini

Tidak ada komentar