Breaking News

CARA INSTALL WORDPRESS



A.PENDAHULUAN
Apa kabar semua??berjumpa lagi diblog Feri :D pastinya untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia jaringan,informasi dan IT.Pada kesempatan kali ini saya akan  melakukan bagaimana cara menginstall WordPress di server saya menggunakan OS Debian8.Berikut lebih lanjut;

1.PENGERTIAN
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya .
Rilis terbaru WordPress adalah versi 4.8.1 (2 Agustus 2017). WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.

>SEJARAH:
 Wordpress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic.Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.
Sekian,hanya sedikit penjelasan yang dapat saya berikan kepada anda.Selanjutnya saya akan melakukan penginstallan Wordpress tersebut.

2.LATAR BELAKANG
Installasi wordpress ini dapat digunakan sebagai blog kita jika kita ingin menjadi penulis.Karena untuk menulis sebuah artikel bukan hanya Blogger saja yang dapat kita coba,tetapi Wordpress juga bisa digunakan sebagai alternatif lain.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa melakukan installasi Wordpress pada debian server saya.

4.ALAT DAN BAHAN
  • File wordpress yang sudah kita download
  • Laptop dan terminal
  • Akses internet
5.JANGKA  WAKTU
Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit.

B.ULASAN PRAKTEK 

Pertama kita bisa download terlebih dahulu file wordpress seperti gambar dibawah.

 Jika file sudah di download,disini saya memindahkan file tadi ke direktory Desktop pada laptop saya.Masuk terminal untuk mengecek file dengan  perintah cd apakah sudah ada atau belum.Kemudian kita pindahkan file tersebut ke debian servernya dengan perintah scp wordpress-4-9.4.zip feri@192.168.55.3:/home/feri


Setelah itu kita SSH ke server debian yang sudah saya install.Kita cek juga file apakah sudah ada atau belum.

Jika sudah,Lalu pindahkan  file wordpress-nya ke direktori /var/www/html/ menggunakan perintah cp wordpress-4-9.4.zip /var/www/html/ enter.
 Setelah itu masuk ke direktory /var/www/html enter lalu ekstrak file wordpressnya menggunakan perintah unzip wordpress.zip

Langkah selanjutnya setelah mengekstrak kita beri hak akses terlebih dahulu dengan perintah chown -R www-data:www-data /var/www/html/wordpress enter.

Kemudian kita ke browser masuk ke localhostphpmyadmin kalian untuk membuat database baru wordpress.Silakan masuk ke database lalu masukan nama databasenya terserah kalian dan creat.

Jika sudah dibuat,selanjutnya buka database wordpress yang tadi di buat di browser menggunakan ip server dan nama databasenya.Nanti akan meuncul jendela pemilihan bahasa dalam menginstall.

Pada gambar dibawah klik Ayo!.

Kita masukan sesuai perintah yang ada dibawah.

Klik jalankan pemasangan.

Pada jendela berikutnya masukan judul status wordpress anda,nama pengguna,dan lain-lain.

Install wordpress.

Installasi telah selesai..,Anda bisa memasukan nama pengguna dan password jika ingin masuk ke dalam wordpress.

Berikut tampilan dalam dari wordpress.



C.MASALAH YANG DIDAPAT
Lupa dalam memberi hak akses,sehingga dalam penginstallan terdapat kendala.



D.HASIL YANG DIDAPAT.
Bisa menginstall wordpress pada localhost.

E.KESIMPULAN

Jadi wordpress ini merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).Jadi selain blogger kita juga bisa menggunakan wordpress sebagai media tulis kita di internet.

F.REFERENSI
KLIK Disini

Tidak ada komentar