Breaking News

KONFIGURASI EOIP TUNNEL



Assalamu'alaikum wr.wb..

A.PENDAHULUAN
 Apa kabar semua??
Berjumpa lagi di blog saya,kali ini saya akan membahas tentang EoIp tunnel.
apa itu Eoip tunnel?? berikut penjelasannya;

 1.PENGERTIAN

EoIP tunnel merupakan protocol trowongan yang dirancang oleh tim pengembang mikrotik yang memungkinkan administrator jaringan untuk dengan mudah menghunbungkan LAN pribadi yang berada pada lokasi yang berbeda yang dipisahkan oleh kota atau negara.


Contoh pengimplementasian dari Eoip tunnel ini yaitu seperti;jika kita mempunyai  dua buah perusahaan dimana masing-masing dari server tersebut terpisah yaitu server gedung A berada di jawa timur,sedangkan server gedung B berada di Jakarta,nah jadi dari adanya Eoip tunnel ini maka saat server di jakarta terjadi masalah maka kita tidak perlu repot-repot datang ke jakarta untuk memperbaiki server tersebut melainkan dengan adanya Eoip tunnel ini kita bisa meremote nya dari jawa timur tanpa harus datang ke jakarta.Cukup terhubung ke internet dan setting Eoip tunnel maka sudah cukup.

2.LATAR BELAKANG
Untuk mengurangi atau mempermudah saat terjadi masalah jaringan meskipun jaraknya sangat jauh.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengkonfigurasi Eoip tunnel

4.ALAT DAN BAHAN
  • 2 PC/Laptop
  • 2 routerboard
  • Kabel UTP
  • Akses internet
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
5 Sampai 10 menit

B.ULASAN PRAKTEK
PC Pertama:
 Pertama untuk konfigurasi EoIP Tunnel kita setting terlebih dahulu mikrotik kita supaya terhubung ke internet disini saya menggunkan metode point to-point wifi.Setelah itu kita masuk pada bagian interface>general,kita masukan remote addressnya yaitu ip router teman kita.Kemudian tunnel ID nya kita masukan berapa saja terserah misal 10 tetapi untuk konfigurasi router berikutnya harus menyesuaikan Tunnel ID yang sudah dibuat sebelumnya.apply dan ok.

 Jika sudah selanjutnya kita konfigurasi Bridge,Disini kita harus melakukan Bridge antara EoIP tunnel dengan Ether 2.apply dan ok.
iPindah ke bagian port, gambar dibawah ini sedang menunjukan bridge bagian Eo
 IP tunnel.apply dan ok.

 Jangan lupa ether 2 juga kita bridge,apply dan ok.


 PC kedua:

 Selanjutnya kita pindah ke laptop berikutnya kita konfigurasi juga seperti diatas.Disini saya menggunakan metode yang sama yaitu point to-point.Lihat gambar dibawah.

Jangan lupa masukan ip address gateway routernya di ether 2.

Firewall juga kita isikan,masuk ke NAT>terus action nya kita ganti masquered.apply dan ok.
Kemudian masuk ke interface lalu kita pilih EoIP tunnel>di general kita masukan remote addressnya IP router kita.Tunnel ID nya 10.apply dan ok.


Selanjutnya kita buat Bridge>masuk dan tambahkan bridge,apply dan ok>pindah ke port>kita bridge EoIP tunnel dan ether 2.apply dan ok.

Dan terakhir kita buktikan dengan meremote menggunakan ssh pada mikrotiknya,dan saya telah berhasil meremote router PC pertama dan kedua.
PC 2 meremote router 1:

PC pertama meremote router 2:
 SELESAI..

C.MASALAH YANG DITEMUKAN
Salah saat memasukan remote address.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi EoIP tunnel.

E.KESIMPULAN
Bahwa EoIP tunnel merupakan sebuah metode yang sangat efektif,untuk melakukan remote jarak jauh dibandingkan kita harus susah payah datang kepermasalahan.

F.REFERENSI
 Web Google.
 

2 komentar:

  1. Trimaksih kak..,berkat blog kaka kali ini saya bisa melakukan konfigurasi EoIP Tunnel :D

    BalasHapus
  2. Bisa tidak diterapkan untuk akses server hotspot, tanpa harus membuat server hosspot pada router kedua

    BalasHapus