Breaking News

Cara Install Linux Mint 18


A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
Linux Mint merupakan keturunan dari distro ubuntu.Lambang atau simbol dar linux mint yaitu huruf L dan M yang terhubung dengan background warna hijau dan huruf warna putih.Linux mint cocok digunakan untuk kamu yang abru dan ingin belajar mengenal GNU/Linux.

Pada 30 juni 2016,Linux Mint merillis versi terbaru nya yaitu versi 18 dengan codename "sarah" .Linux Mint 18 merupakan versi long term support (LTS) yang akan didukung hingga tahun 2021.Linux Mint 18 sendiri datang dengan perangkat lunak yang lebih baru dan fitur-fitur baru yang membuat desktop kamu lebih nyaman untuk digunakan.

2.LATAR BELAKANG
Ingin belajar dan mencoba perbedaan antara sistem operasi windows dengan Linux.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa menginstall OS.Khususnya OS Linux.

4.ALAT DAN BAHAN
Cinnamon 3.0
MDM 2.0
Linux kernel 4.4
Ubuntu 16.04 package base.

5.JANGKA WAKTU
Kurang lebih 20 menit

B.ULASAN PRAKTEK
Sebelum memulai langkah-langkah installasinya,sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal dulu spesifikasi minimal dari linux mint 18 sebagai berikut:
RAM =512 MB (1 GB disarankan)
Ruang Penyimpanan=9 GB (20 GB Disarankan)
Resolusi layar=1024x768

hal yang harus dipersiapakan saat akan memulai installasi:
File ISO Linux Mint 18
Media Bootable seperti DVD ataupun USB flasfdisk
PC/Laptop
Backup data penting

INSTALLASI

Pada saat memulai installasi kamu akan langsung di arahkan ke desktopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu,Untuk menginstall pilih icon CD pada Desktop dengan title "install linux mint".

Pada tahap pertama,kita harus menentukan bahasa apa yang akan dipakai pda saat meninstall sistem,pada dasarnya bahasa yang dipakai bahsa inggris.Pilih continue

Tahap kedua,kita akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak,jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.Tetapi menurut saya,sebaiknya kita install perangkat lunak tambahan setelah selesai instalasi,karena apabila ditengah proses installasi koneksi internet terputus maka hal ini akan menimbulkan sebiuah masalah.

Tahap ke tiga adalah memilih tipe installasi,disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman.ada banyak tipe installasi,biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.

Tahap keempat adalah pembuatan pertisi,tahap ini adalah tahap yang riskan pada setiap jenis installasi sisitem operasi.disarankan didampingi oleh orang yang berpenglaman.

Pada sistem operasi GNU/Linux,disarankan membuat 3 pertisi yang  berbeda yaitu partisi sistem,partisi data,dan partisi SWAP.
Jika sudah yakin pilih install now.

Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.

Tahap keenam menentukan jenis keyboard yang dipakai,sebaiknya diabaikan saja dan menggunkan standart jenis keyboard english/(US).

Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user,isikan nama pengguna dan juga password.Untuk password sendiri jangan dikosongkan,hal ini nantinya akan diperlukan pada saat pengimstallan aplikasi atau update atau upgrade yang membutuhkan hak akses  ddan dimintai password.

Terakhir adalah menunggu proses installasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen installasi.Jika sudah restart  komputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.

SELESAI..

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Bingung saat melakukan pembagian partisi.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa minginstall OS Linux Mint

E.KESIMPULAN
Menurut saya,OS Linux Mint 18 cinnamon ini merupakan OS Linux yang paling mudah untuk digunakan,terlebih lagi untuk yang belum mengenal Linux atau masih pemula maka OS ini sangat saya sarankan untuk di coba.

F.REFERENSI
KLIK disini


Tidak ada komentar