Breaking News

SETTING HOTSPOT PADA WIN.BOX




A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
Hotspot menurut wikipedia adalah lokasi fisik dimana orang dapat memperoleh akses Internet , biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi , melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dengan menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet .
 Pengertian hotspot secara umum adalah sebuah wilayah terbatas yang dilayani oleh satu atau sekumpulan Access Point Wi-Fi standar 802.11 a/b/g/n. Pengguna bisa bebas masuk dan terhubung ke Access Point tersebut dengan menggunakan berbagai perangkat yang dilengkapi dengan perangkat wi-fi sebagai penangkap sinyal, seperti notebook, netbook, ataupun smartphone.

 Hotspot juga punya bebetapa jenis diantaranya;
  1. Hotspot gratis,yaitu hotspot yang diberikan sebagai layanan umum.Biasanya terdapat pada rumah makan,restoran,hotel,coffee  shop dan cafe.
  2. Hotspot berbayar ke pemikik gedung,tidak semua tempat mempunyai area free hotspot secara gratis tetapi ada juga yang harus membayar kepada si pemilik gedung.
    Sistem pembayarannya berbeda-beda, bisa harian, bisa bulanan, atau bisa juga setiap kali pemakaian perhitungannya menggunakan billing hotspot.H
  3.  Hotspot berbayar kepada operator, untuk menikmati hotspot yang ada.Misal pada tempat-tempat tertentu seperti indi home atau wifi id.
 Sampai penjelasan disini semoga kalian sudah mengerti dan paham tentang HOTSPOT.
2.LATAR BELAKANG
Melakukan konfigurasi hotspot pada win.box

 3.MAKSUD DAN TUJUAN
Disini saya akan membuat hotspot untuk bisa digunakan lewat nirkabel.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Sebuah laptop
  • aplikasi win.box
  • router
  • kabel utp
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
 10 Menit


B.ULASAN
pertama sebelum kamu menyetting hotspot, pastiin terlebih dahulu kamu sudah menyetting mikrotiknya secara statik.Untuk konfigurasi statik saya sudah mem postingnya di blog sebelumnya.jika sudah statik maka kamu tinggal masuk ke menu interface,lalu aktifkan "wlan"nya lalu pilih tanda ceklist biru diatas untuk mengaktifkannya.terus masuk ke "wlan"nya dengan double klik.

jika sudah masuk di "wlan",selanjutnya ke "wireless" dan ganti pilihan mode dengan "ap bridge" terus ganti SSID dengan nama yang hotspot yang ingin dibuat karena SSID akan digunakan sebagai nama wifi anda terus ganti juga "band" dengan b/g/n.Kemudian masuk ke freq-usage.

Disini kita memilih frequensi agar frequensi yang kita buat tidak tabrakan.kita klik start kemudian kita pilih frequensi yang paling kecil.jika bingung memilih kamu bisa men-stopnya agar mudah untuk dipilih,jangan lupa hafalkan frequensinya contoh saya memilih 2432.apply dan ok.setelah itu baru kita isikan mhz.frequensinya sesuai yang dipilih contoh "2432".apply dan ok.

Kemudian masuk ke DHCP server,terus masuk dhcp setup.

lalu ganti interfacenya dengan wlan1.next terus sampai notifikasi terakhir dan ok.

Setelah itu masuk ke "ip"masuk ke firewall.terus masuk NAT dan add.

Selanjutnya masuk kebagian general,terus ganti out.interface nya dengan "wlan1".Kenudian masuk ke action.

actionnya ganti dengan "masquered".apply dan ok.

Kemudian setelah mensetting firewall,kembali lagi masuk ke "IP"lalu kita masuk ke "HOTSPOT" untuk mensettingnya.Ganti hotspot interfacenya  dengan "wlan1".lalu next.

Di local address of network kita hilangkan ceklist pada "masquered network".next.

masukkan pasword untuk admin masuk saat login.next sampai notifikasi terakhir.

Kita ok.disconnec-kan di session.

masuk network untuk menghubungkan wifi kita.disini saya memberi nama hotspot nya dengan nama "bisa".

pilih hotspot nya..,disini saya pilih "bisa".(nama hotspot).

Lalu jika sudah terhubung kalian masuk ke browser untuk login.dengan cara mengetikan nama  domain yang sudah kamu buat saat menyetting Hotspot di "IP".jika berhasil maka kamu akan diminta mengisikan "user dan password".

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Sering tidak teliti saat memasukan ip addressnya.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi dan membuat sendiri Hotspot.

E.KESIMPULAN
Jadi pada hotspot kita tidak perlu memasukan ip nya,karena hotspot yang saya buat menggunakan DHCP sehingga saya tidak perlu mengisikan ip lagi.

REFERENSI

4 komentar: