Breaking News

BLOKIR SITUS LEWAT CONTENT PADA WINBOX



A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
 Content adalah sebuah informasi yang tersedia melalui media internet.
Content dalam website berarti sesuatu yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar,tulisan,animasi ataupun video.Content pada winbox dapat digunakan untuk memblokir situs semisal,memblokir situs  facebook,youtube dan yang lainnya.Nah dikesempatan saya kali,saya akan memblokir situs lewat menu content yang ada pada firewall yang ada pada winbox.Situs yang akan saya blokir yaitu facebook.

2.LATAR BELAKANG
mengetahui bahwa ada menu lain yang dapat memblokir situs selain layer7 protocol.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Mencoba memblokir situs selain layer7 protocol,yaitu dengan mencoba lewat content.caranyapun lebih simple dibanding pada layer7 protocol.tapi cara kerja blokir dari content ini yaitu melakukan load lama dan menolak situs yang kita kunjungi secara diam-diam tanpa memberitahukan informasi yang ada.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • router
  • aplikasi winbox
  • kabel utp sesuai kebutuhan
  • sumber internet
5.JANGKA WAKTU

5-10 Menit.

B.ULASAN PRAKTEK
Petama sebelum kita melakukannya,kita setting  dulu mikrotik kita secara statik dan dhcp kan agar terhubung ke internet.Selanjutnya kita tinggal masuk ke menu "ip"lalu "firewall"
 setelah itu kita ke filterrules dan kita add.
Lalu kita isikan contentnya sesuai situs yang ingin kita blookir,disini contohnya saya ingin memblokir situs facebook maka saya isikan dengan "facebook.com".
Kemudian kita ke action,kita ganti actionnya dengan "drop"lalu apply dan ok.
Nah jika sudah kita masuk ke browser.kita ketikkan situs yang tadi kita pilih.contohnya saya memblokir facebook.Enter
Ternyata disini saya berhasil.bisa dilihat gambar dibawah,facebook yang saya blokir ternyata load lama yang artinya berhasil diblokir.

 Mungkin itu yang dapat saya sharing kepada kalian semua..
bila ada masukan atau sarannya kepada saya bisa langsung komen saja dibawah.
Terimakasih..

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Lupa menghubungkan jaringan ke DHCP

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa memblokir situs lewat content.

E.KESIMPULAN
Bahwa memblokir situs ini lebih simple atau sederhana di bandingkan dengan layer7 protocol.

F.REFERENSI

Tidak ada komentar