Breaking News

SOP(Standart operating procedure)



A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
SOP atau standar operasional prosedur merupakan sebuah dokumen perusahaan atau suatu badan yang didalamnya memuat sebuah prosedur atau tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau acuan dalam melaksanakan suatu kegiatan dalam suatu perusahaan.


TUJUAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDURE
Antara lain;
  • menjaga konsistensi dan kinerja pegawai
  • Mengetahui dengan jelas fungsi dan peranan setiap posisi
  • Memperjelas alur tugas.yaitu yang akan dilakukan oleh karyawan atau pegawai yang ada di perusahaan
  • Menghindari kegagalan dan kesalahan atau malpraktek,keraguan,duplikasi,dan inefisiensi.maksud dari inefisisensi ini berarti lawan kata dari efisien yang artinya hemat sedangkan inefisiensi berarti pemborosan,baik pemborosan waktu maupun benefit.
FUNGSI STANDAR OPERASIONAL PROSEDURE
Antara  lain;
  • mempelancar tugas dan tanggung jawab karyawan dan tim.
  • mendasari adanya hukum bila terjadi pelanggaran atau penyimpangan.
  • untuk mengetahui hambatan yang ada dan mudah di lacak dengan jelas.
  • menuntut dan mengarahkan pegawai agar disiplin dalam tugas.
  • sebagai pedoman.
2.LATAR BELAKANG
Mengetahui pengertian SOP.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui apa itu SOP?,dan apa funggsinya?

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • referensi SOP
B.KESIMPULAN
Bahwa SOP itu keberadaanya sangat penting karena jika tidak ada SOP dalam suatu perusahaan maka kegiatan yang ada pada perusahaan akan kacau dan berantakan.

C.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar