Breaking News

CLASS CISCO Hari (3)



A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
Untuk pengertian cisco silakan klik disini.
Di hari pertama dan kedua saya mempelajari cisco chapter 1/2 dan 3/4,sedangkan untuk hari ketiga saya mempelajari cisco chapter 5.Di chapter lima saya mempelajari  tentang Bagaimana server dan client bekerja sama,kerja protocol internet,protocol dan layanan aplikasi.Nah disini saya ingin membahas sedikit dari apa yang sudah saya pelajari.
Hubungan server dan client;

Di dunia yang sekarang ini,sudah banyak tersedia jutaan server yang menyediakan layanan seperti situs web,email,dan transaksi keuangan.Hubungan antar server dan client pun terjadi.Maksud dari hubungan server client yaitu apabila si client meminta atau request paket kepada server,makasi server akan memberikan layanannya berupa apa yang telah di request oleh si client.
Karakteristik dari hubungan ini;-client meminta dan server memberi jawaban atau bisa juga terjadi timbal balik dari keduanya.

Kerja protocol internet
Yang dimaksud dari protocol adalah sebuah aturan.Di dunia yang semakin canggih ini tentunya kita selalu atau membutuhkan yang namanya internet,nah dalam hubungan internet ini ada yang namanya atura(protocol).Protocol yang dimaksud yaitu TCP/IP dan OSI LAYER.Sudah di jelaskan sebelumnya di class cisco hari sebelumnya bahwa TCP/IP dan OSI LAYER menjadi standar dari hubungan internet.Untuk rangkaian protocol OSI LAYER terdiri dari;
7.Aplication  layer
6.Presentation layer
5.session layer
4.Transport layer
3.Network layer
2.Data link layer
1.Physical iayer

Sedangkan di protocol TCP/IP terdapat beberapa pengabungan dari layer OSI,seperti;
4.Aplication yang merupakan penggabungan antara osi layer nomer 5,6,dan7.
3.transport,yang merupakanosi layer nomer 4 masih tetap.
2.internet layer protocol,merupakan osi layer nomer 3 asih tetap.
1.link,yang merupakan penggabungan  osi layer 1 dan 2.
Bisa lihat gambar di bawah.


Protocol dan layanan aplikasi
DNS atau domain name system merupakan sebuah penterjemah untuk mengubah nama destination menjadi ip dan sebaliknya.DNS ini berada pada layer aplikasi.

Web client dan server
Saat client web menerima ip dari dari server web,maka client menggunakan alamat ip dan port 80 yang dimana port tersebut merupakan port yang digunakan client untuk mengakses web HTTP(hyper text transfer protocol).
h
Pengelompokan protocol kedalam TCP / UDP dan both
TCP yaitu apabila client mengirimkan suatu paket dan paket tersebut mendapat balasan atau pengakuan dari server maka itu yang dinamakan dengan TCP.Sedankan untuk UDP merupakan kebalikan dari TCP,berarti disini saat client mengirim paket,peket tersebut nantinya tidak akan mendapat pengakuan atau balasan dari server.

protocol yang masuk dalam kategori TCP antara lain;
1.HTTP
2.FTP
3.SMTP
4.Telnet

sedangkan yang dalam kategori UDP antara lain;
1.ipTV
2.DHCP
3.voIP
4.TFTP

dalam kategori both antara lain;
1.DNS
2.SNMP

B.LATAR BELAKANG
dizaman sekarang perkembangan teknologi semaik pesat,oleh kerana itu kita harus tahu apa yang kita butuhkan dalam masa yang akan datang.rajin membaca dan mencari tahu mungkin bisa menuntun kita agar dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

C.HASIL YANG DIDAPAT
Mengetahui tentang cara kerja client server

D.KESIMPULAN
Bahwa untuk belajar cisco kita harus benar-benar serius,karena cisco ini sangat penting dalam dunia jaringan.

E.REFRENCE
disini

Tidak ada komentar