Breaking News

PENGERTIAN KONFIGURASI ROUTING STATIK



A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
 Routing atau route adalah sebuah penjaluran suatu item untuk dapat sampai pada suatu tujuannya.Dalam routing jaringan contohnya ;mail,telepon,dan data.
dalam penjalurannya tersebut alat yang digunakan adalah router.
Router merupakan suatu alat yang dijadikan untuk perantara yang gunanya untuk menghubungkan beberapa jaringan/network,baik dalam satu segmen jaringan maupun berbeda.
Yang dimaksud dengan konfigurasi Routing statik yaitu suatu konfigurasi dengan mengisikan ip ke router dan pc laptop secara manual.Konfigurasi routing statik berbanding terbalik dengan konfigurasi secara dinamis,karena konfigurasi dinamis dalam memberi ip dilakukan secara outomatis oleh server.

2.LATAR BELAKANG
Supaya bisa mengkonfigurasi routing khususnya setatik.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
 Melakukan routing satatik.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC atau laptop
  • 2 buah router
  • kabel UTP
  • aplikasi winbox
JANGKA WAKTU
15 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
Topologi yang akan di konfigurasi;tapi disini saya akan menggunakan "ip"yang berbeda dari topologi yang saya buat.Topologi di bawah hanya sebuah gambaran saja.


-Pertama disini saya sudah menyetting komputer saya dengan konfigursai dasar satatik untuk konfigurasi statik klik disini ,selanjutnya saya tinggal mengkonfigurasi routing nya.Sebenarnya Routing ini tanpa konfigurasi statik juga bisa hanya saja kita perlu buat network connection di edit connection secara statik.

Kemudian disini saya masuk ke menu ip untuk menyetting pc pertama,dengan ip laptopnya "192.168.1.1/29"di ether ke dua,apply dan ok.


Lalu saya add lagi untuk menambahkan ip routernya yaitu "10.10.10.1/29" ,untuk ip router ini harus satu network dengan ip router pc 2.maka di router 2 saya akan mengisi ip router nya "10.10.10.2/29".interfacenya Eth 1.apply dan ok.



PC 2


Di pc 2 saya memasukan ip laptop saya yaitu 192.168.20.1/30 di Eth 2 apply ok.Kemudian add lagi untuk menambahkan ip routernya yaitu "10.10.10.2/29"apply dan ok.


PC 1

Di pc 1 selanjutnya  saya masuk ke ip routes kemudian di destination addressn nya kita masukan ip laptop pc2 yaitu "192.168.20.1/29"menjadi "192.168.20.0/29" kemudian gatewaynya kita masukan ip router pc2 yaitu "10.10.10.2"apply dan ok.


PC 2

Di pc 2 kita masuk juga ke ip routes,lalu ip laptop dari pc 1kita masukan pada destination address pc 2,yaitu "192.168.1.1/29"menjadi "192.168.1.0/29" jika sudah masukan juga gateway nya yaitu ip router pc 1"10.10.10.1"kemudian  apply dan ok.

Terakhir kita tinggal menge-ping ip kedua routernya di masing-masing pc,pc1 meng-ping ip router 2 dan sebaliknya.
PC2;

PC1
 Selamat jika kamu berhasil..

C.MASALAH YANG DI DAPAT
Salah memasukan ip

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa kofigurasi routing statik.

E.KESIMPULAN
Bahwa routing merupakan penghubungan dua buah jaringan atau lebih yang berbeda.

F.REFRENSI
klik disini

Tidak ada komentar