Breaking News

CLASS CISCO>>Troubleshooting(Chapter 9)



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb
berjumpa lagi di blog saya yah..;D
kali ini saya akan membahas chapter terakhir dari Class cisco yaitu chapter 9.Di chapter 9 ini saya akan membahas tentang troubleshooting(penemuan masalah)

1.PENGERTIAN
Troubleshooting atau depaneuring adalah suatu pemecahan masalah,sering diterapkan untuk memperbaiki produk atau proses yang gagal pada mesin atau sistem.Bisa juga diartikan merupakan atau pencarian logis dan sistematis untuk menemukan sebuah masalahnya.Secara umum troubleshoot merupakan identifikasi atau diagnosis "masalah"dalam aliran manegemen perusahaan atau oleh kegagalan system semacamnya.

Apa yang perlu dilakukan saat menyelesaikan masalah??
Meng

  • identifikasi,yaitu menemukan dan mmemperbaiki masalah.
  • Dokumentasi,Proses dokumentasi itu sangat penting karena jika tidak ada dokumentasi maka kita tidak dianggap bekerja.Oleh sebab itu menyelesaikan masalah itu tidak hanya pada hasilnya saja tapi proses Dokumentasi juga penting untuk bisa mengetahui masalah apa yang pernah anda ketahui atau kerjakan,sehingga jika masalah tersebut terulang kembali selanjutnya anda langsung  bisa mengatasi tanpa kesulitan sebelumnya.
  • Mengumpulkan Informasi,Informasi ini dapat diperoleh melalui pertanyaan individual kepada orang atau teknisi yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah jaringan,berbagi informasi atau sharing pengalaman.
  • Mengumpulkan informasi tentang peralatan.
Dalam troubleshooting juga ada namanya Pendekatan "troubleshoting" yaitu;
Pendekatan
  • Top-down,yaitu pendekatan penanganan troubleshoting dengan memulai penanganan pada Osi layer teratas nomer 7 yaitu aplikasi ke osi layer nomer 1 physical.Pendekatan ini jarang dilakukan oleh para teknisi.
  • Devide-and conquer,yaitu sebuah pendekatan penyelesaian sebuah masalah dengan melihat atau menangani terlebih dahulu networknya  atau jaringan,jika di jaringan tidak ada masalah maka si teknisinya akan memulai penyelesain dari osi layer pertama yaitu  physical sampai osi layer teratas yaitu applications.
  • Bottom-up,Bottom-up ini merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan berurutan mulai dari osi layer pertama sampai terakhir. 
 Dari ketiga pendekatan diatas hanya ada dua pendekatan yang sering dilakukan oleh teknisi yaitu pendekatan devide-and conquer dan bottom-up.

Selain ketiga pendekatan diatas ada juga dua pendekatan bagus lainnya seperti;
  • Trial and error,yaitu seperti belajar dari masalah yang pernah dihadapi atau bisa juga pengalaman apa yang pernah dialami.jadi penyelesainnya itu seperti mengetahui kembali apakah dia pernah mengalami atau tidak,jika maka akan jadi lebih mudah karena sudah berpengalaman.
  • Subtitution,merupakan penanganan masalah jaringan dengan mengganti langsung peralatan yang mengalami masalah.Metode ini biasanya digunakan oleh penyedia layanan internet(ISP) karena tidak mau rugi besar akibat masalah yang terjadi.
IDENTIFIKASI MASALAH
Diantaranya mengunakan;
-Panca Indra
  • Pengelihatan,maksudnya kita melihat dengan mata kita apakah pada perangkat ada kesalahan atau tidak,contohnya jika pada switch maka kita bisa melihat terlebih dahulu lampu indikatornya menyala atau tidak,jika menyala maka tidak ada masalah pada switch tersebut dan sebaliknya.
  • Penciuman,penciuman ini seperti kita mengidentifikasi apa terdapat bau seperti bau hangus atau terbakar pada perangkat jaringannya.
  • Peraba,yaitu dengan menggunakan tangan kita untuk mengecek pada perangkatnya terjadi kerusakan atau tidak.
  • Pendengaran,Yaitu dengan mendengarkan bunyi perangkat saat masih baru atau belum terjadi masalah dengan saat sudah terjadi masalah.
-Software atau Utillity
  • Ip-config,Untuk melihat konfigurasi IP yang ada sudah benar atau tidak.
  • Ping,Untuk mengecek koneksi antar dua komputer.
  • Netstat,sebuah protocol untuk menampilkan koneksi jaringan untuk transmision control protocol..
  • tracert,digunakan untuk mengetahui jalur apa saja yang dilalui saat kita mengakses internet.
  • nslookup,sebuah tool yang terdapat pada banyak sistem operasi yang digunakan untuk mendapatkan nama domain atau pengalamatan alamat ip atau untuk data DNS lebih spesifik lainya.
Demikian yang dapat saya sharing di blogg saya,semoga bermanfaat.

B.MASALAH YANG DIDAPAT 
Kurang menguasai materi

C.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa dan mengetahui bagaimana proses atau cara urut dalam menyelesaikan masalah yang ada.

D.KESIMPULAN
Untuk mengetahui permasalahan maka sebaiknya kita perlu menggunakan cara-cara diatas karena cara tersebut runtut dan sesuai dengan standart.

E.REFRENCE
KLIK disini

Tidak ada komentar