Breaking News

KONFIGURASI DHCP SERVER>>Router on stick



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wrb

1.PENGERTIAN
DHCP(Dhynamic Host Control Protocol) Server adalah protocol manejemen TCP/IP dimana server DHCP secara dinamis memberikan alamat ip dan prameter konfigurasi jaringan lainnya kesetiap perangkat pada jaringan sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jaringan ip lainnya.

2.LATAR BELAKANG MASALAH
DHCP ini di konfigurasi apabila di suatu jaringan terdapat banyak PC client yang dimana PC client tersebut tidak mungkin di konfigurasi satu persatu,karena itu akan memakan waktu yang lama dan membutuhkan ketelitian yang lebih dalam memasukan ip nya.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa mengkonfigurasi DHCP server.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC atau laptop
  • Cisco Packattracer
5.JANGKA WAKTU
10-15 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
 Nah disini saya akan membahas konffigurasi DHCP server pada router on stick.Sebelumnya untuk mamasuki konfigurasi ini saya telah membuat topologi router on stick pada  blog saya sebelumnya.Di konfigurasi kali  ini saya menggunakan topologi yang berbeda yaitu menggunakan dua kabel pada antar switch yang terhubung,oleh karena itu dalam mengkonfigurasi trunk nya  menggunakan langsung range  dengan dua interface.Jangan lupa juga pada setiap Vlan selalu diberi mode access  dari PC ke switch.
Topologi yang saya buat seperti berikut.

-Pada topologi diatas setiap switc diberi mode access.Selanjutnya kita mulai config nya dengan masuk ke router.konfigurasi hostname bila perlu lalu masuk dulu ke interface 0/0 karena interface ini terhubung dengan switch,kita no shutdown supaya kabelnya menyala.

-exit kemudian kita masuk lagi ke interface tadi tetapi kita menambahkan titik 10 untuk sebagai tanda kita akan menconfig Vlan 10.Encapsulation untuk mengetahui Vlan mana yang diconfigurasi,disini untuk saya sedang mengconfig Vlan 10 maka dari itu saya menambahkan angka 10 sebagai tanda bahwa Vlan 10 dikonfigurasi.Saya mengencapsulation supaya pada setiap Vlan bisa saling terhubung juga.


-Gambar dibawah ini konfigurasinya sama seperti di atas hanya menggantinya dengan Vlan yang akan dibuat DHCP.Jika Vlan 30 juga ingin dibuat DHCP maka bisa.


Selanjutnya jika sudah kita bisa konfigurasi untuk ip DHCP pool-nya.masukan network Vlanya dan default router yang nantinya digunakan untuk gateway pada server.


Begitu juga dengan Vlan 20 yang nantinya konfigurasi statiknya kita hilangkan karena akan disetting DHCP.Konfigurasi dibawah saya memasukan " ip dhcp excluded-address 192.168.20.1 192.168.20.10 yang fungsinya  sebagai ip yang tidak bisa dipakai yaitu 1 sampai 10.Dan  ip excluded kedua yang fungsinya sebagai batas ip yang bisa digunakan.


Setelah selesai selanjutnya kita keluar dan masuk kedalam PC pada Vlan 20 tadi untuk kita ubah settingan ip nya dari statik ke DHCP.Disini saya telah berhasil.
Selesai..;D
Demikian yang dapat saya bagikan kepada kalian semua semoga bisa bermanfaat.

C.MASALAH YANG DITEMUKAN
kurang teliti dalam memasukan ip PC sehingga meyebabkan tidak connect.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi DHCP pada router on stick.

E.KESIMPULAN
Bahwa jika membuat DHCP maka kita harus  buat ip pool  VLan nya terlebih dahulu.

F.REFERENSI
Untuk penjelasannya ada pada blogg saya sebelumnya KLIK disini

Tidak ada komentar