Breaking News

KONFIGURASI ETHER CHANNEL>>LINK ASSOCIATION



A.PENDAHULUAN


1.PENGERTIAN
Konfigurasi ether channel atau link association merupakan sebuah konfigurasi yang dilakukan pada dua buah switch.Untuk pengertian ether channel sendiri digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch dan jika port jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur/port lain.Ether channel menggunakan teknologi trunking yang digunakan oleh switch cisco catalyst dimana beberapa port digabungkan pada switch digabungkan menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group.

dalam EtherChannel dikenal 2 protocol…yaitu PAGP dan LACP.
  • PAgP: Protocol proprietary Cisco, digunakan untuk membuat EtherChannel otomatis. Ketika PAgP di set, PAgP packet akan dikirim ke media dan mendeteksi konfigurasi dikedua belah pihak (typically switch) dan memastikan bahwa kedua belah pihak port (media…bisa FastEthernet atau yg lain) compatible untuk di jadikan EtherChannel jika dibutuhkan. PAgP packet dikirim tiap 30 detik “for ensuring consistency”
  • LACP: Protocol open standard punya IEEE (802.3ad), prinsipnya mirip dengan PAgP punya Cisco, cuma LACP bisa digunakan untuk mixed-environtment, klo sesama Cisco…pake PAgP aja
Di blogg saya kali ini saya akan mengkonfigurasi dasar sederhana tentang penerapan ether channeel dan link association.

2.LATAR BELAKANG
Melakukan konfigurasi supaya koneksi yang dilakukan switch bisa lebih cepat.Contohnya,bila suatu switch memilki kecepatan 100 mbps,maka jika switch tersebut diterapkan teknologi ether channel maka kecepatan nya bisa meningkat menjadi 200 mbps.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa melakukan konfigurasi ether channel dan link association.

4.ALAT DAN BAHAN
-laptop
-cisco packettracer

5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • 5 Menit
B.ULASAN PRAKTEK

-pertama buatlah topologi seperti pada gambar diatas.Jika sudah masuk ke switch 0 untuk melakukan konfigurasi denganperintah seperti dibawah.



Kemudian masuk ke interface pada switch-0 dengan menggunakan range,range ini bertujuan untuk menyetting sekaligus interface yang terhubung pada switch tersebut.Lihatlah konfiguras ether channel dan link association pada gambar.Saya menggunakan link pagp dan mode desirable.Pada defaultnya mode yang dipakai itu desirable,maka dari itu saya menggunakan mode desirable.Jangan lupa masuka pada group 1 untuk switch-0.

Jika sudah selanjutnya kita config pada switch yang satunya yaitu SW-1 buat hostname nya juga.






Seperti biasa masuk ke interface range ethernet yang terhubung ke switch tersebut.Config mode link dan mode desirable.Seperti gambar dibawah.
 

Selesai..
Disini saya berhasil dalam meng config.



 C.MASALAH YANG DIDAPAT
Salah dan kurang teliti dalam masuk ke interface yang akan di config.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi ether channel.

E.KESIMPULAN
Kesimpulannya yaitu jika kita meng konfigurasi dengan link yang saling berbeda maka switch tidak akan terhubung atau konfigurasi masih salah.

F.REFRENCE
KLIK disini

Tidak ada komentar