Breaking News

PENGERTIAN NFC



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb
Berjumpa lagi semua di blog saya,Disini saya akan membahas sedikit dari pengertian NFC.Berikut penjelasannya:

1.PENGERTIAN
NFC atau(Near-field communication) adalah merupakan sebuah teknologi komunikasi nirkabel jarak dekat dimana antena yang digunakan lebih pendek dari gelombang sinyal operator (yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama).Komunikasi NFC merupakan medan eletrik yang termodulasi, atau medan magnetik termodulasi, namun tidak berasal dari gelombang elektromagnetik radio.


Banyak telepon genggam saat ini menggunakan NFC medan elektrik (bekerja pada frekuensi 13.56 MHz, saling berhubungan dengan gelombang 22.11 MHz) untuk beberapa hubungan spesial karena jarak NFC yang sangat pendek membuat NFC sulit untuk bekerja secara diam-diam. Untuk menghasilkan medan-jauh secara efisien, yang berarti mengirim gelombang radio dari panjang gelombang ini, membutuhkan antena dengan panjang gelombang seperempat, dalam ukuran meter atau lebih. Jika antenanya hanya berjarak sentimeter, NFC hanya dapat diatur pada 'jarak-dekat' saja, dengan panjang, lebar, dan kedalaman dari medan dimensi antena. Energi yang sangat kecil akan dipancarkan, sangat esensial bagi keseimbangan medan elektromagnetik yang memiliki pulsa pada 13.56 MHz. Jika antena kecil lain yang sama masuk ke medan, menyebabkan potensial elektrik ke dalamnya, membuat frekuensi yang sama beralternatif. Dengan mengatur sinyal pada antena yang aktif, antena itu dapat mentransmisi sinyal menjadi antena penerima yang pasif.

Manfaat dari NFC
  •  Intutif:interaksi NFC tidak membutuhkan kesulitan hanya dari sentuhan sederhana
  •  Versatile,cocok digunakan untuk industri dan lingkungan yang luas.
  • Berbasis standar:lapisan dasar teknolgi NFC mengikuti standar universal yang telah diterapkan oleh ISO,ECMA dan ETSI.
  • NFC menfasilitasi pengaturan dengan cepat dan sederhana dari teknologi nirkabel seperti Bluetooth dan Wi'Fi.
  • Inherently secure,Transmisi NFC bekerja pada jarak dekat,Bahkan bisa dibilang tidak mempunyai jarak karena saking dekatnya.
  • Interoperable:NFC bekerja dengan tekonology yang sudah ada kartu Contacless.
  • Keamanan:NFC telah mempunyai kemampuan untuk mendukung aplikasi aman.
KEUNGGULAN NFC
Keunggulan NFC terletak pada perannya sebagai teknology yang dapat membuka berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman ketika digunakan oleh pengguna.NFC memungkinkan  orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan  yang dikehendaki.

PENGGUNAAN
NFC dibangun berdasarkan sistem RFID dengan mengizinkan komunikasi dua-arah antara tahap akhir,dimana sistem sebelumnya kartu pintar tak bersentuhan yang hanya satu arah saja.NFC telah digunakan seperti  Google nexus sejak nexus S,namun tidak terlalu digunakan hingga ice cream sandwicth yang dirilis dengan fitur yang disebut "android beam" yang pertama sekali diperkenalkan Galaxy Nexus.

B.KESIMPULAN
Kesimpulannya bahwa perangkat yang digunakan dalam biasanya untuk komunikasi dan transaksi,misal saat mau masuk gerbang tol maka kita harus memasukan kartu,Saat itu juga kita menggunakan teknologi NFC karena  kita mendekatkan kartunya keperangkat dengan jarak dekat.

C.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar