Breaking News

CARA MENANGANI DPKG yang ERROR>>dpkg : status database area is locked by another process while trying to install

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Apa kabar semua?kembali lagi diblog saya yah..:D Di blog kali ini saya akan membahas tentang permasalahan saya pada sebuah installasi menggunakan Terminal di Linux mint.Berikut pemaparannya;

1.PENGERTIAN
dpkg adalah dasar manajemen paket dari sistem operasi Debian dan merupakan program dasar untuk menginstal dan memanipulasi paket biner Debian dengan ekstensi file “.deb“). Istilah dpkg merupakan singkatan untuk Debian Package. Format paket perangkat lunak Debian dikembangkan oleh proyek Debian, namun format paket ini, termasuk juga program manajer paket dpkg telah digunakan oleh banyak distribusi perangkat lunak (distro) lainnya. Kecuali Debian, juga digunakan pada proyek Fink, yang menyediakan paket open source untuk Mac OS X, dan untuk distribusi Open Solaris berupa Nexenta dpkg.

dpkg sendiri adalah alat tingkat rendah, sementara alat tingkat yang lebih tinggi dibangun diatas dpkg, seperti APT digunakan untuk mengambil paket dari lokasi remote atau memroses relasi hubungan paket yang kompleks. Alat seperti aptitude atau synaptic lebih sering digunakan daripada dpkg sendiri, karena mereka memiliki cara yang lebih canggih untuk menangani hubungan paket, disamping antarmuka yang ramah.Oke kembali kepermasalahannya:

Permasalahan yang saya dapat yaitu terjadi error atau kesalahan semacamnya mengenai perintah dpkg -i pada saat saya mau menginstall virtualbox di linux.Dalam kesalahannya terdapat pemberitahuan sEperti ini( dpkg : status database area is locked by another process while trying to install )Jika kalian menemukan masalah seperti diatas,maka hal yang harus diperbuat yaitu mengikuti langkah-langkah seperti berikut.

2.LATAR BELAKANG
Karena dpkg-nya tidak bisa untuk menginstall aplikasi,jadi disini saya ber niat untuk memperbaiki masalahnya.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa memperbaiki dpkg yang error.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/Laptop
  • terminal/command
5.JANGKA WAKTU
5 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
Dari permasalah yang sudah di paparkan diatas,ada dua cara yang dapat di lakukan untuk menangani dpkg tersebut,Yaitu;


CARA 1:
Ketikan perintah dibawah.Jika kalian masuk sebagai root maka langsung ketik perintah diterminal ps ax | grep dpkg tetapi jika kalian menggunakan user biasa maka hanya menambahkan sudo sebelum ps ax | grep dpkg.Kemudian coba install kembali aplikasi yang ingin diinstall.Apakah berhasil??

Jika masih  belum berhasil maka gunakan cara ke-2 berikut;
CARA 2:
Tambahkan atau masukan perintah rm /var/lib/dpkg/lock  enter,kemudian..
Kemudian ketikan lagi perintah dibawahnya setelah perintah diatas.Apakah sudah berhasil?silakan di coba yah..:D

Demikian sharing dari saya semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Pada cara pertama masih gagal,sehingga mencoba menggunakan cara ke dua.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa menyelesaikan masalah dpkg tersebut.

E.KESIMPULAN
Kesimpulannya,apabila dpkg kita  error maka kita tidak bisa menginstall aplikasi yang ekstensi .deb

F.REFERENSI
KLIK Disini

Tidak ada komentar