Breaking News

CARA INSTALL SLIMS(8.3)>Debian server

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Apa kabar semua??berjumpa lagi diblog Feri :D pastinya untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia jaringan,informasi dan IT.Pada kesempatan kali ini saya akan  melakukan bagaimana Menginstall Slims8.3 di debian server(PROXMOX).Kalian sudah tahu apa itu Slims??jika belum simak penjelasan berikut ini.

1.PENGERTIAN
Slims atau lengkapnya Senayan Library Management System
adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.
Situs resmi SLiMS, saat ini ada di http://slims.web.id.

Lisensi

Karena pertama kali dikembangkan dengan dana APBN, maka untuk menjamin agar SLiMS bisa digunakan, didistribusikan dan dimodifikasi dengan bebas oleh seluruh rakyat Indonesia, SLiMS dirilis dengan lisensi GNU General Public License versi 3.
Yah mungkin itu sedikit penjelasan dari saya semoga bisa ada sekilas gambaran pada pikiran kalian semua.

2.LATAR BELAKANG
 Latar Belakang saya Menginstall Slims adalah di dalam Projeck pembangunan Web server, saya berencana untuk membuat suatu perpustakaan online yang mana akan memudahkan para siswa membaca artikel artikel dari perpustakaan online tersebut.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Supaya bisa membuat dan menginstall slim.Karena saya sebelumnya tidak tahu apa itu slims dan untuk apa slims itu digunakan?.

4.ALAT DAN BAHAN
Antara lain:
  • PC/Laptop
  • File Slims8.3 akasia
  • Koneksi Internet
5.JANGKA WAKTU
Waktu yang dibutuhkan untuk saya menginstall Slims8.3 akasia kurang lebih 30 menit.

B.ULASAN PRAKTEK
 Sebelum menginstall Slim,terlebih  dahulu saya menginstall slims disitus dibawah ini.slims.web.id/goslims/?wpdmpro=slims-8.3-akasia
Di situs tersebut kita cari file nya terus download file slims tersebut.
Setelah selesai di download,kita pindahkan file slims tersebut pada direktory desktop.Di terminal kita masuk dengan cd Desktop lalu ls untuk mengecek apakah file tersebut sudah dipindah ke desktop atau belum.


 Jika ada selanjutnya kita pindahkan file slims tersebut ke debian server dengan perintah yang saya gunakan scp slims8.3-akasia.zip feri@192.168.55.3:/home/feri 
Enter kemudian tunggu sampai selesai.
 Setelah file selesai dipindah selanjutnya kita masuk ke debian server yang sebelumnya sudah di remot dengan SSH.Masuk ke cd  /home/feri lalu ls untuk mengecek apakah file tersebut sudah ada atau belum.Pada gambar dibawah file saya sudah selesai di pindah.



 Langkah selanjutnya kita pindahkan atau copy file tersebut ke menu direktory /var/www/html/ dengan perintah cp slims8.3-akasia.zip /var/www/html/ enter.
Kemudian kita masuk ke menu /var/www/html/ dengan perintah cd /var/www/html/ enter,lalu unzip untuk mengekstrak file tersebut.Kenapa unzip?? karena file yang akan saya ekstrak berbentuk zip jadi saya unzip dengan menggunakan  perintah unzip slims8.3-akasia.zip enter.

Jika kalian gagal mengekstrak atau tidak bisa,itu biasanya dikarenakan  kalian belum menginstall unzipnya.Jika kalian ingin menginstall maka lakukan perintah pada gambar dibawah.

Setelah selesai mengekstrak kalian bisa mengganti namanya agar lebih pendek dengan mengunakan perintah mv slims8.3-akasia.zip slims8.3 saya mengganti namanya dengan nama baru slims8.3 atau kalian juga bisa memberi nama bebas.

 Selanjutnya kita  beri hak ases untuk bisa install slims tersebut.Dengan menggunakan perintah dibawah.

Jika sudah selanjutnya kita masuk ke phpmyadmin untuk membuat database baru slims.kita buat databasenya lalu creat.

Oh iya sebelumnya kita bisa ganti namanyna terlebih dahulu dengan namanya slims.

Setelah itu kita Masuk ke browser untuk menginstall slims dengan memasukan URL-nya yaitu IP dari server kita dengan nama slims-nya  192.168.55.3/slims kita klik LETS START THE INSTALLATION.

Kita langsung klik NEW INSTALL.


Seperti gambar dibawah,disini kita disuruh untuk  memasukan nama dari database kita,kemudian user dan password.Isikan secara benar.


Installasi selesai,kemudian OK,START THE SLIMS.
Jika pada langkah terakhir gagal masuk pada installasi completed,maka bisa jadi ada masalah pada hak aksesnya.Kalian bisa masukan perintah dibawah.


Apabila kalian berhasil menginstall,selanjutnya masuk ke browser untuk mengecek SLIMS tersebut dengan memasukan URL IP server dan nama slims -nya 192.168.55.3/slims .


Disini saya telah berhasil untuk menginstall slims.Sekian dari saya semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk kalian semua.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Gagal saat memberi user dan nama database,sehingga installasi tidak completed.Permasalahannya tersebut terdapat pada hak akses yang diberikan.



D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa menginstall SLIMS8.3-akasia

E.KESIMPULAN
Slims merupakan sebuah CMS yang bisa digunakan dalam perpustakaan.Fungsinya dapat untuk meng-input buku-buku yang ada.

F.REFERENSI
KLIK Disini

Tidak ada komentar