Breaking News

INSTALL DEBIAN SERVER>>Di Proxmox

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Hai..,apa kabar semua??Berjumpa lagi diblog saya :D tentunya untuk saling berbagi ilmu dengan kalian semua.Di blog saya kali ini saya akan membahas tentang penginstalasian debian server di Proxmox.Sebelumnya kalian sudah tahu Proxmox??Jika belum simak penjelasan berikut ini.

1.PENGERTIAN
Untuk pengertian mengenai Proxmox sebelumnya saya juga sudah post di blog saya mengenai penjelasan dari Proxmox.Klik disini

2.LATAR BELAKANG
Ingin tahu bagaimana menginstall server di dalam server.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa melakukan installasi debian server di dalam Proxmox.

4.ALAT DAN BAHAN
  •  PC/laptop
  • OS Debian8.6
  • Proxmox yang sudah diinstall di server.
  • akses internet
5.JANGKA WAKTU
1 Jam

B.ULASAN PRAKTEK

Langkah pertama,sebelumnya kita masuk ke Proxmox-nya& buat dulu VM-nya kemudian Start VM.
Jika sudah jalan VM-nya selanjutnya di pojok kanan atas kita masuk ke menu console.

Kita pilih> Install.

Jendela selanjutnya kita disuruh untuk mamasukan bahasa yang akan dijadikan saat langkah-langkah penginstallan.


Lalu kita pilih untuk lokasi keberadaan kita.Kita pilih asia saja,karena indonesia berada di benua asia.

Jendela berikutnya kita harus memasukan lokasi negara kita.Saya pilih indonesia.

Jendela selanjutnya kita disuruh memilih penggunaan standart keyboard.Karena standart keyboard menggunakan QWERTY maka kita masukan keyboard >American English

Selanjutnya kita setting configurasi the network.Masukan ip address yang sudah diberikan.di mikrotik router pada server.

Kemudian anda diminta nameserver seperti gambar dibawah ini anda dapat memasukan IP gateway kembali atau anda dapat juga memasukan ip  dns Google ip 8.8.8.8

Jika sudah lalu jendela berikutnya kita di suruh menentukan Zona waktu yang sesuai dengan lokasi anda.Karena saya berada pada waktu barat maka saya pilih wastern.

Tunggu sampai proses selesai.Sebelumnya saya mau memberitahukan dari langkah-langkah sebelum proses ini terdapat konfigurasi tentang memasukan domain name,name user,password root,dan user password.Disini saya tidak menjelaskan karena saya yakin kalian bisa menyesuaikannya.Jadi ikuti saja langkah-langkah yang ada.
Setelah proses di atas selesai,selanjutnya kita buat untuk partition disk.kita TAB lalu yes.


Jika kalian sudah selesai membuatnya,Pilih Finish.

Lalu tunggu proses instalasi.

Setelah selesai maka akan muncul seperti dibawah.Kita pilih NO.

Di configure network manager kita NO juga.

Maaf disini ada kesalahan.,Sebelumnya jika kalian ada configurasi ini kalian hanya pilih dengan bintang dibagian >SSH server dan >standart system utillities

Kita tunggu lagi sampai proses installasi selesai.

Pada Grub boot Loader kita pillih yes.

Lalu kita pilih /dev/sda .

Di jendela finish the installation kita tab>lalu continue



















Dan installasi pun telah selesai.



Demikian yang bisa saya sharingkan kepada kalian mengenai installasi debian server pada Proxmox.Mohon dimaklumi jika dalam penulisan masih berantakan dan banyak kesalahan karena saya juga hanya manusia biasa,Jadi tolong dimaklumi :D

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Sulit atau salah dalam konfigurasi pembagian disk.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa menginstall debian server pada Proxmox.

E.KESIMPULAN
Jadi pada debian server ini bisa di ibaratkan kita menginstall server di server.

F.REFERENSI
 KLIK Disini



Tidak ada komentar