Breaking News

KONFIGURASI ROUTING>OSPF



A.PENDAHULUAN
 Apakabar semua??? berjumpa lagi bersama saya,tentunya untuk saling berbagi ilmu khususnya didunia  IT(Teknology).Terlihat seperti gambar diatas,saya akan melakukan konfigurasi routing OSPF.Apa kalian sudah tahu apa ituu routing OSPF?? Jikka belum tahu berikut akan saya jelasan sedikit dari pengertiannya.

1.PENGERTIAN
OSPF atau Open shortest Path First merupakan sebuah routing protocol standart terbuka yang telah diimplementasikan oleh sejumlah vendor jaringan.
OSPF adalah sebuah protocol routing otomatis (Dinamis Routing) yang mampu menjaga,mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini diguakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar. Oleh karena itu untuk mempermudah penambahan informasi routing dan meminimalisir kesalahan distribusi informasi routing, maka OSPF bisa menjadi sebuah solusi.
OSPF termasuk di dalam kategori IGP (Interior Gateway Protocol) yang memiliki  kemapuan Link-State dan Alogaritma Djikstra yang jauh lebih efisien dibandingkan protokol IGP yang lain. Dalam operasinya OSPF menggunakan protokol sendiri yaitu protokol 89.
CARA KERJA OSPF :
Berikut sedikit cara kerja routing OSPF
  • Setiap router membuat Link State Packet (LSP)
  • Kemudian LSP didistribusikan ke semua neighbour menggunakan Link State Advertisement (LSA) type 1 dan menentukan DR dan BDR dalam 1 Area.
  •  Masing-masing router menghitung jalur terpendek (Shortest Path) ke semua neighbour berdasarkan cost routing.
  •  Jika ada perbedaan atau perubahan tabel routing, router akan mengirimkan LSP  ke DR dan BDR melalui alamat multicast 224.0.0.6
  •  LSP akan didistribusikan oleh DR ke router neighbour lain dalam 1 area sehingga semua router neighbour akan melakukan perhitungan ulang jalur terpendek.
2.LATAR BELAKANG
Melakukan routing supaya mendistribusikan informasi jaringan secara dinamis.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Melakukan konfigurasi routing OSPF.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/laptop(sesuaikan)
  • Router(sesuaikan)
  • Kabel UTP(sesuaikan)
  • Akses internet
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
5 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
 Pertama kita masukan IP laptop pada ether 2 dan IP ether 1 yang terhubung dengan router teman.

 Selanjutnya kita masuk ke Routing>Pilih OSPF>masuk ke network>di network ini kita mengatur ip network kita dan ip dari router teman kita.

 Untuk mengecek telah berhasil atau tidak,kita masuk ke IP>Routes>kemudian kita cek apakah sudah masuk atau belum.Gambar dibawaha ini telah menunjukan OSPF telah berhasil.
 Terakhir kita cek dengan PING di new terminal>Lalu ping ketiga laptop/router teman kita.Disini saya telah berhasil dari tiga router yang ada.Tetapi maaf saya hanya menjelaskan hanya pada satu sisi Laptop saja.


 SELESAI..
Demikianlah Apa yang dapat saya bagikan kepada kalian semua.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Salah memasukan IP.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi Routing OSPF.

E.KESIMPULAN
Jadi routing OSPF ini hampir mirip seperti DHCP,yaitu memberikan Informasi dan routing secara otomatis kepada router yang saling terhubung.

F.REFERNSI
KLIK disini
KLIK disini

 

3 komentar:

  1. maaf kak,saya mau bertanya kalo OSPF itu butuh akses internet atau tidak yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu tergantung penggunaan,kalo misal pakai internet juga bisa.

      Hapus