Breaking News

PENGERTIAN FIREWALL>>Tembok api



A.PENDAHULUAN
Assalmu'alaikum wr.wb..
Apa kabar semua,,??di sini saya akan berbagi pengetahuan kepada kalian semua tentang,Apa itu firewall? bagaimana fungsinya?? kalian sudah tahu?.Jika belum maka kalian bisa membaca blog saya ini sebagai sumber referensi sekaligus.Berikut pembahasannya;

1.PENGERTIAN
Firewall(Bahasa inggris) atau lebih dikenal dengan tembok api atau dinding api,adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau kedalam jaringan internal.
Tembok api bekerja dengan cara melacak dan mengendalikan jalannya data serta memutuskan aksi untuk melewatkan (pass), menjatuhkan (drop), menolak (reject), mengenkripsi atau melakukan pencatatan aktivitas (log) data. Firewall menjamin agar data sesuai dengan aturan (rule) yang terdapat di dalam kebijakan keamanannya (security policy) yaitu seperangkat aturan yang telah didefinisikan di dalam keamanan jaringan internal.
Firewall ini digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memilki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap perangkat digita perusahaan tersebut dari serangan para peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya, menjadi kenyataan.

JENIS-JENIS TEMBOK API:

  • Personal firewall Tembok api personal dirancang untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Tembok api jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan ditambahkannya beberapa fitur pengaman tambahan semacam perangkat proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, dan lainnya.
  • Network firewall Network Firewall dirancang untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server.
FUNGSI DARI FIREWALL






  • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan
  • Melakukan autentikasi terhadap akses
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
  • Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator
B.KESIMPULAN
Jadi dari penjelasan diatas,firewall yaitu sebuah metode yang digunakan dalam jaringan supaya jaringan tersebut aman dan untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

C.REFERNSI
KLIK disini





Tidak ada komentar