Breaking News

KONFIGURASI>>Simple qeues

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Hai.. apa kabar semua?? Kembali lagi diblog saya lagi,kali ini saya akan sharing atau berbagi ilmu kepada kalian semua yaitu tentang simple queques.Kalian sudah tahu apa itu simple qeues??jika belum silakan simak penjelasan dibawah ini.

1.PENGERTIAN
Simple-Q(Queues)Pada mikrotik merupkan bagian dari manajemen bandwith Pada sebuah jaringan yang mempunyai banyak client, diperlukan sebuah mekanisme pengaturan bandwidth dengan tujuan mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth sehingga semua client bisa mendapatkan jatah bandwidth masing-masing. QOS(Quality of services) atau lebih dikenal dengan Bandwidth Manajemen, merupakan metode yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pada RouterOS Mikrotik penerapan QoS bisa dilakukan dengan fungsi Queue.

Limitasi Bandwidth Sederhana (Simple Queue)
Cara paling mudah untuk melakukan queue pada RouterOS adalah dengan menggunakan Simple Queue. Kita bisa melakukan pengaturan bandwidth secara sederhana berdasarkan IP Address client dengan menentukan kecepatan upload dan download maksimum yang bisa dicapai oleh client.
Contoh :
Kita akan melakukan limitasi maksimal upload : 128kbps dan maksimal download : 512kbps terhadap client dengan IP 192.168.10.2 yang terhubung ke Router. Parameter Target Address adalah IP Address dari client yang akan dilimit. Bisa berupa :
  • Single IP (192.168.10.2)
  • Network IP (192.168.10.0/24)
  • Beberapa IP (192.168.10.2,192.168.10.13) dengan menekan tombol panah bawah kecil di sebelah kanan kotak isian.
2.LATAR BELAKANG
Untuk mengatur dan membatasi bandwith pada client yang terhubung pada jaringan kita.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Supaya bisa mengkonfigurasi Simple Queue.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/Laptop  
  • Routerboard
  • Kabel UTP
  • Akses internet
5.JANGKA WAKTU
5 Menit

B.ULASAN PRAKTEK 
OK..,Disini saya akan memulai bagaimana cara memanajemen bandwith dengan Simple Queue.
Pertama kita masuk ke mikrotik,setting terlebih dahulu router kita supaya terhubung dengan internet.Selanjutnya kita masuk ke menu Queues lalu simple queues seperti gambar dibawah.
Kita Add>dan di general>di menu target kita masukan ether yang akan di limitt.




Di bawah saya menggunakan ether 2,Kenapa??. karena saya akan melimitt laptop saya sendiri jadi saya memasukan ether 2 karena ether 2 tersambung ke laptop saya.Jadi jika kalian ingin melimitt teman kalian maka kalian masukan IP dari teman kalian yang terhubung dengan jaringan tersebut..Disini saya melimmit menjadi 512 kb untuk download dan uploadnya,apakah berhasil?? Ayo kita coba, Apply dan ok.

Setelah itu kita masuk ke browser untuk Speed test bandwith yang sudah kita  limitt.Kita jalankan Speed test kita.Nah disini saya telah berhasil karena bandwith saya hanya mencapai 512 atau dibawah nya untuk upload dan download.


Bisa dilihat juga pada Queues yang sudah di setting tadi.Tanda jika berhasil yaitu apabila terlihat warnah merah pada Queues nya  yang menandakan bahwa bandwith tersebut sudah mencapai batasannya.
Demikian..,mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan kepada kalian semua.Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Salah memasukan terget sehingga,Limiit nya salah.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi Simple queue.


E.KESIMPULAN
Kesimpulannya,jadi dengan menggunakan simple queue ini kita dapat bebas mengatur bandwith untuk client yang kita punya.

F.REFERENSI
KLIK Disini

Tidak ada komentar