Breaking News

KONFIGURASI DASAR STATIK>>Internet pada Router

A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..salam hangat untuk kita semua..
Disini saya akan  membahas tentang Konfigurasi statik pada router,sebelumnya saya juga pernah ngeblog tentang konfigurasi statik dasar pada router tetapi kali ini berbeda karena konfigurasi statik yang saya buat bisa terhubung ke internet.Untuk lebih lanjutnya silakan baca dibawah.

1.PENGERTIAN
Konfigurasi statik merupakan konfigurasi dasar yang harus dikuasai oleh para networking atau yang sedang bekerja di jaringan.Selain konfigurasi statik dasar juga ada konfigurasi DHCP yang merupakan konfigurasi dasar mikrotik.Nah disini saya akan membahas konfigurasi dasar statik untuk terhubung ke internet.Untuk pengertian lebih jelasnya bisa mengunjungi disitus resmi Mikrotik.co.idhttp://mikrotik.co.id/

2.LATAR BELAKANG
Konfigurasi dasar statik ini sangat penting untuk dikuasai oleh para networking,karena untuk konfigurasi mikrotik banyak yang tergantung pada statik dasar.Tanpa tahu dasar maka kita tidak akan bisa.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Supaya bisa mengkonfigurasi dasar mikrotik.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/laptop 
  • router
  • kabel UTP
  • akses internet
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
5 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
 Pertama kita setting terlebih dahulu IP nya di pada laptop di network connection
saya memasukan ip seperti di bawah beserta prefiknya.jika sudah lalu save.
 Sebelum konfigurasi,lihat terlebih dahulu apakah pada mikrotik kita masih ada konfigurasinya atau tildak,jika ada kamu bisa meresettnya di menu system>resett configurations.Tetapi disini saya sudah meresettnya jadi tinggal memasukan iP address di menu IP>Address>lalu add>kemudian masukan IP gateway pada laptop yang ada di atas memakai ether 2.Appy dan ok.


 Lalu masuk ke menu DHCP Client>Interface ether 1 kenapa??disini saya untuk mendapatkan ip secara otomatis dari server internet yang ada.>kemudian apply dan ok.
 Terus kita setting DNS servernya,disini saya tidak memasukan DNS google tapi jika kalian mengisikan juga tidak apa-apa.allow remote request kita centang apply ok.
 Kemudian kita setting firewall di menu firewall>ke NAT>lalu di action kita ganti masquered,di general pada out interface bisa kalian isi juga tetapi saya tidak akan mengisikannya.apply dan ok.





Kemudian kita setting DHCP server>DHCP setup>interface kita ganti untuk interface yang ingin di beri ip secara otomatis saya menggantinya dengan ether 2 lalu next terus sampai selesai.


kita ok.

Nah disini selanjutnya kita cek dengan ping ke new terminal dengan ping 8.8.8.8 jika berhasil maka akan seperti dibawah ini.
Atau kita juga bisa ping di terminal laptop kita,sebelumnya koneksi internet bisa diganti terlebih dahulu menjadi DHCP.Kita ping google.com dan disini saya berhasil lagi.

SELESAI..,
dari sini kita sudah bisa mengakses internet.

Terimaksih..demikian apa yang bisa saya sharingkan kepada kalian semua.Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian semua.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
-

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi dasar statik pada mikrotik.

E.KESIMPULAN
Yang bisa saya simpulkan disini  bahwa konfigurasi dasar sangatlah penting,karena untuk konfigurasi yang lebih tinggi pastinya berawal dari dasar.Jadi jika kita tidak mengetahui dasar maka kita tidak mungkin bisa mengkonfigurasi yang lainnya.

F.REFERENSI
KLIK disini


Tidak ada komentar