Breaking News

CARA MEMBUAT DHCP SERVER >>secara manual



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Di kesempatan saya kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara untuk membuat manual DHCP Server atau membuat DHCP secara  manual.Kalian sudah tahu apa itu DHCP Server? Bagaimana cara kerjanya? jika kalian masih belum tahu simak penjelasan berikut ini.

1.PENGERTIAN
Dynamic Host Configuration Protocol ( DHCP ) adalah protokol manajemen jaringan yang digunakan pada jaringan TCP / IP di mana server DHCP secara dinamis menetapkan alamat IP dan parameter konfigurasi jaringan lainnya ke setiap perangkat pada jaringan sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jaringan IP lainnya. Server DHCP memungkinkan komputer untuk meminta alamat IP dan parameter jaringan secara otomatis dari penyedia layanan Internet (ISP), mengurangi kebutuhan administrator jaringan atau pengguna untuk secara manual menetapkan alamat IP ke semua perangkat jaringan. Karena tidak ada server DHCP, komputer atau perangkat lain di jaringan harus diberikan alamat IP secara manual.
DHCP dapat diimplementasikan pada jaringan mulai dari ukuran jaringan rumah ke jaringan kampus besar dan jaringan penyedia layanan Internet regionaL. Router atau gateway perumahan dapat diaktifkan untuk bertindak sebagai server DHCP. Sebagian besar router jaringan perumahan menerima alamat IP unik global dalam jaringan ISP. Dalam jaringan lokal, server DHCP menetapkan alamat IP lokal untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

Cara Kerja

Karena DHCP merupakan sebuah protokol yang menggunakan arsitektur client/server, maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakni DHCP Server dan DHCP Client.
  • DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
  • DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.
 Mungkin itu sedikit penjelasan yang dapat saya berikan kepada kalian.Selanjutnya saya akan melakukan bagaimana cara membuat DHCP server pada mikrotik secara manual.Berikut lebih lanjut.

2.LATAR BELAKANG
Saya disini melakukan konfigurasi DHCP server secara manual kerena dari semenjak dulu sampai sekarang saat melakukan konfigurasi DHCP server hanya melalu menu IP>DHCP Server>DHCP Setup,Jadi saya berniat untuk  mencoba hal baru tentang konfigurasi DHCP server ini.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
 Supaya bisa melakukan konfigurasi DHCP secara manual.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Router
  • Kabel UTP (akses ke router)
  •  internet
 5.JANGKA WAKTU 
-10 Menit 

B.ULASAN PRAKTEK

 Pertama,sebelum masuk ke konfigurasi DHCP Server ini,konfigurasi sebelumnya bisa kalian gunakan misal statik internet,tetapi di konfigurasi DHCP Servernya sedikit berbeda kenapa? karena kita ingin melakukan konfigurasi DHCP Server secara manual maka konfigurasi yang dilakukan tidak melalui IP>DHCP Server>DHCP Setup,melainkan kita masuk ke IP>pool>Kita add>isikan namanya terserah>address kita masukan ip yang bisa diberi dari berapa sampai berapa.Lalu apply dan ok.


 Jika sudah selanjutnya masuk ke menu Ip >new DHCP Server>kita isikan mengenai konfigurasi interface  yang kita peroleh internet dan profile address poolnya.apply dan ok.


Kemudian ke menu sebelahnya,yaitu Network.Disini kita isikan network kita dan gateway ip router kita.apply dan ok. 

SELESAI...
Demikian merupakan konfigurasi singkat untuk melakukan konfigurasi manual DHCP Server.



C.MASALAH YANG DIDAPAT
Salah saat memasukan ip poolnya.Yaitu mengenai jumlah host.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa melakukan konfigurasi DHCP Server.

E.KESIMPULAN
Jadi DHCP Server ini merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh server kepada client nya untuk memberikan ip secara dinamik tanpa harus mengkonfigurasi satu persatu.DHCP Server ini sangat cocok digunakan apabila jumlah client/host dalam sebuah jaringan sangat banyak.

F.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar