Breaking News

CARA BACKUP Dan RESTORE>>File Router Mikrotik

A.PENDAHULUAN

1.PENGERTIAN
Pengetian dari Backup Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.Tujuan utama adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu.Sedangkan untuk RESTORE atau berarti (mengembalikan,Memulihkan)adalah fitur di Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan keadaan komputer mereka (termasuk file sistem, aplikasi yang diinstal, Windows Registry , dan pengaturan sistem) ke titik waktu sebelumnya, yang dapat digunakan untuk memulihkan dari malfungsi sistem atau masalah lainnya.

Mungkin itu hanya sedikit untuk penjelasan mengenai Backup dan Restore.Selanjutnya untuk bagaimana cara melakukan backup dan restore ada dibawah.

2.LATAR BELAKANG
Disini saya melakukan Backup dan restore yaitu dengan tujuan:
Backup untuk mengamankan file konfigurasi router saya jika suatu saat nanti akan dibutuhkan atau untuk file sebelumnya terjadi kerusakan.Sedangkan untuk Restore yaitu memulihkan atau memsukan file yang sudah di backup.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Supaya bisa melakukan Backup dan Restore.

4.ALAT  DAN BAHAN
  • Laptop 
  • Routerboard
  • Kabel UTP
5.JANGKA WAKTU
5 Sampai 10 Menit

B.ULASAN PRAKTEK

Backup
Untuk melakukan backup dan restore pertama kita,masuk dulu ke winbox kemudian ke menu>files>lalu pilih backup>masukan nama file yang akan di buat backup,untuk pasword jika kalian tidak ingin memakai password maka kasih centang pada don't encrypt>klik Backup.

Setelah sudah di backup pastikan file tersebut tidak hanya tersimpan di winbox router kalian,melainkan simpan juga file backupnya di komputer/laptop juga.

Restore
Untuk melakukan Restorenya reset terlebih dahulu router dari menu sistem,untuk memastikan bahwa saya melakukan konfigurasi hanya dengan merestore atau mengambil file backup.

Karena sudah di reset maka masuk kembali dengan default user login dan password.

Masuk ke menu file>kemudian pilih dan klik restore.

Kemudian pilih file backup yang akan direstore atau dikembalikan.Kita pilih file yang tadi sudah di backup tadi.

Kita restore.


Jika kalian saat membackup menggunakan password maka isikan passwordnya.Disini saya tidak menggunakan passsword jadi saya langsung pilih resetore.

 Selesai..
Dan akhirnya router saya kembali lagi dengan konfigurasi yang sudah pernah saya lakukan.


 C.MASALAH YANG DIDAPAT

-

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa membackup dan merestore file konfigurasi sebuah router.Sekaligus sebagai cadangan data.

E.KESIMPULAN
Jadi backup dan restore merupakan fitur milik microsoft windows yang dimana keduanya digunakan sebagai pengaman data file yang dapat di backup dan di restore.

F.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar