Breaking News

Cara Setting WIfi>>pada winbox



A.PENDAHULUAN


1.PENGERTIAN
Pengertian dari wifi atau (wai fa i) adalah teknologi untuk jaringan area local nirkabel dengan perangkat berdasarkan standart IEEE 802.11.Wifi adalah merk dagang dari aliansi WI-FI.
Perangkat yang dapat menggunakan teknologi wifi termasuk komputer pribadi,konsol video-game,ponsel dan tablet,camera digital,smart TV dan masih banyak yang lainnya.Di blog saya kali ini saya akan melakukan konfigurasi setting wifi pada router menggunakan winbox.Berikut lebih lanjut.

2.LATAR BELAKANG
Untuk menghubungkan perangkat melalui wireless atau nirkabel.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa melakukan konfigurasi wifi pada router melalui winbox.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/laptop
  • Router
  • Kabel UTP
  • Akses internet
5.JANGKA WAKTU
10 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
Hal pertama saya lakukan yaitu memasang kabel UTP pada interface>Ethernet 1 yang melalui Switch,kenapa ethernet 1 dan switch?? karena switch dan ether 1 merupakan akses internet yang saya dapat.Dan untuk kabel UTP ke dua pada >ether 2 yang terhubung dengan PC/Laptop.Selanjutnya jika sudah kita masuk pada winbox kemudian pilih menu>wireless>security profile>nama terseraah kita,disini nama saya ganti menjadi ronaldo>masukan password WPA-nya seperti  digambar.Oo iya sebelum kalian setting di atas pastikan router kalian sudah terhubung ke internet.


Langkah berikutnya,masuk ke interface lalu>hidupkan Wlan-nya dengan double klik.

Lalu ke sub menu>wireless>ubah mode-nya menjadi AP-Bridge>atur juga band nya menjadi B-G-N>ganti juga SSID-nya dan yang paling penting frequency dan security profile yang sudah kalian buat.apply dan ok.

Langkah berikutnya buat IP address di menu>IP>address kemudian masukan IP untuk wlan1>apply dan ok.





Lalu buat DHCP Server di menu>IP>dhcp server>dhcp setup.


C.MASALAH YANG DIDAPAT
Tidak terhubung  ke internet,karena dhcp belum di setting sehingga belum mendapatkan IP.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa meng konfigurasi WIFI.

E.KESIMPULAN
Sebenarnya dalam setting wifi ini konfigurasi nya hampir sama dengan saat kita membuat Hotspot,tetapi yang membedakan setting wifi ini kita  tidak perlu menyettint hotspot setup.

F.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar