Breaking News

TUGAS PAK FUAD>LSP

Apa itu snort?
Snort
aplikasi Linux yang dapat dipakai untuk meningkatkan keamanan komputer
Snort adalah NIDS yang bekerja dengan menggunakan signature detection, berfungsi juga sebagai sniffer dan packet logger
Cara Kerja Snort
-Rule Snort : database yang berisi pola – pola serangan berupa signature jenis -jenis serangan. Rule snort harus selalu terupdate secara rutin agar ketika ada suatu teknik serangan yang baru, serangan tersebut dapat terdeteksi.
-Snort Engine : program yang berjalan sebagai daemon proses yang selalu bekerja untuk membaca paket data dan kemudian membadingkan dengan Rule Snort.
-Alert : catatan serangan pada deteksi penyusupan. Jika Snort engine mendeteksi paket data yang lewat sebagai sebuah serangan, maka snort engine akam mengirimkan alert berupa log file. Kemudian alert tersebut akan tersimpan di dalam database.

Apa itu Radius?
Remote Access Dial-In User Service RADIUS, adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. 

Cara Kerja Radius
Cara kerja RADIUS adalah menjalankan proses AAA (Authentication, Authorization, Accounting). Proses autentikasi diperlukan ketika Anda mempunyai kebutuhan untuk membatasi siapa saja yang diperbolehkan masuk ke dalam jaringan remote access milik Anda. 

Autentikasi
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengguna yang ingin mengakses sebuah jaringan secara remote harus diidentifikasi terlebih dahulu. Pengguna yang ingin masuk ke dalam jaringan pribadi tersebut perlu diketahui terlebih dahulu sebelum bebas mengakses jaringan tersebut. Pengenalan ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengguna tersebut berhak atau tidak untuk mengakses jaringan.
Authorization
Proses authorization merupakan langkah selanjutnya setelah proses autentikasi berhasil. Ketika pengguna yang ingin mengakses jaringan Anda telah dikenali dan termasuk dalam daftar yang diperbolehkan membuka akses, langkah berikutnya Anda harus memberikan batasan hak-hak apa saja yang akan diterima oleh pengguna tersebut.


accounting
Selanjutnya proses accounting dalam layanan koneksi remote access amat sangat penting, apalagi jika Anda membuat jaringan ini untuk kepentingan komersial. Dalam proses accounting ini, perangkat remote access atau server sekuriti akan mengumpulkan informasi seputar berapa lama si pengguna sudah terkoneksi, billing time (waktu start dan waktu stop) yang telah dilaluinya selama pemakaian, sampai berapa besar data yang sudah dilewatkan dalam transaksi komunikasi tersebut. 


Apa itu NAT?
NAT Network Address Translation adalah  mekanisme untuk menjembatani suatu private network dengan internet
Fungsi NAT
Untuk mengubah IP private jaringan kita menjadi IP Publik sehingga kita dapat mengakses internet atau jaringan luar,Jadi apabila kita tidak mensetting Nat maka Jaringan yang  kita buat belum dapat mengakses internet tetapi localhost.
Cara Kerja NAT
Karena klien tidak mempunyai IP Public, maka untuk dapat berkomunikasi dengan server di internet, NAT melakukan hal sebagai berikut :
1.     NAT menerima paket data dari klien yang ditujukan ke suatu server remote di internet.
2.     NAT mencatat alamat IP klien tersebut, dan menyimpannya ke dalam address translation table.
3.     NAT merubah alamat IP asal yang berada pada paket menjadi nomor IP NAT, dan meneruskan paket ke server remote.
4.     Ketika respon dari server remote di terima oleh NAT, maka NAT akan merubah alamat tujuan pada paket tersebut menjadi alamat IP klien yang bersangkutan.
5.     NAT mengirim paket tersebut ke klien.


Anti Virus Clamav
Anti virus open source untuk mendeteksi Virus Trojans,Viruses,Malware, dan Ancaman Ancaman Virus lainnya.l
Cara Kerja:
Mengatasi ancaman-ancaman virus yang dapat membahayakan komputer dan mengantisipasinya.


Apa itu PPPoE?
Protokol Point-to-Point over Ethernet (PPPoE) adalah protokol jaringan untuk encapsulating PPP frame dalam Ethernet frame.
Cara Kerja PPPoE
Protocol yang bekerja seperti DHCP yaitu memberikan ip secara otomatis tetapi PPPOE membuat jalan sendiri yang langsung point to point ke mikrotik sehingga mac address dan ip address tidak dapat terdeteksi oleh jaringan biasa. 


PPPoE Server& Client?
PPPoE Server adalah protokol jaringan untuk encapsulating PPP frame dalam Ethernet frame Server Dan begitu juga sebaliknya untuk pengertian PPPoE Client.


Tidak ada komentar