Breaking News

KONFIGURASI ROUTING BGP



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Apa kabar semua??berjumpa lagi di blog saya.Disini saya akan akan melakukan konfigurasi tentang routing BGP.Kalian sudah tahu apa itu routing BGP?jika belum simak penjelasannya dibawah ini.

1.PENGERTIAN
 Routing BGP: BGP merupakan kependekan dari (Border gateway protocol),adalah sebuah inti dari protocol routing internet.Protocol ini menjadi backbone dari jaringan internet di dunia.BGP adalah protokol routing inti dari Internet yg digunakan untuk melakukan pertukaran informasi routing antar jaringan.BGP dijelaskan dalam RFC 4271. RFC 4276 menjelaskan implementasi report pada BGP-4, RFC 4277 menjelaskan hasil ujicoba penggunaan BGP-4. Ia bekerja dengan cara memetakan sebuah tabel IP network yang menunjuk ke jaringan yg dapat dicapai antar Autonomous System (AS). Hal ini digambarkan sebagai sebuah protokol path vector. BGP tidak menggunakan metrik IGP (Interior Gateway Protocol) tradisional, tetapi membuat routing decision berdasarkan path, network policies, dan atau ruleset. BGP versi 4 masih digunakan hingga saat ini . BGP mendukung Class Inter-Domain Routing dan menggunakan route aggregation untuk mengurangi ukuran tabel routing. sejak tahun 1994, BGP-4 telah digunakan di Internet. semua versi dibawahnya sudah tidak digunakan. BGP diciptakan untuk menggantikan protokol routing EGP yang mengizinkan routing secara tersebar sehingga tidak harus mengacu pada satu jaringan backbone saja.

2.LATAR BELAKANG
Supaya bisa melakukan pertukaran informasi dengan routing BGP.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Supaya bisa melakukan routing BGP

4.ALAT DAN BAHAN
  • 2 PC/laptop 
  • 2router board
  • kebel UTP seperlunya
  • akses internet
5.JANGKA WAKTU
10 menit

B.ULASAN PRAKTEK
 Pertama kita bisa setting mikrotik supaya terhubung ke internet,dengan memasukan IP address dan sebagainya.Jangan lupa masukan juga IP ether 3 yang terhubung ke router yang lain karena kita disini menggunakan 2 router.

 Selanjutnya kita masuk ke menu Routing>lalu  BGP>selanjutnya dibagian instance kita atur AS dan Router ID-nya<Sebelumnya jika AS kalian sama dengan router teman kalian selanjutnya kalian ganti salah satu nya dengan mengganti nomer nya.router ID yaitu gateway laptop kita/IP dari router.


 Kemudian kita masuk ke Peer>General>dinama kita bisa ganti atau tidak terserah,instance default aja,remote address kita masukan gateway teman kita atau router yang satunya.Remote AS-nya kita masukan AS yang dimiliki router yang satunya,Lalu apply dan ok.

 Lalu masuk ke>Network>disini kita masukan network router teman kita>apply dan ok.

 Masukan lagi di network>network jaringan kita yaitu 192.168.12.0/29>jadi kita disini memasukan dua network yaitu network kita dan teman kita.
 Terakhir kita ping di New terminal Winbox dengan menge-ping ip router teman kita dan ip yang berada pada ether 3.Disini saya telah berhasil.Gimana dengan kalia?? apakah berhasil?? saya berharap kalian juga berhasil yah :D



 Demikian apa yang dapat saya bagikan kepada kalian semua,maaf berantakan karena disini saya buka seorang penulis :D terimakasih 
Sampai jumpa di lain waktu..

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Tidak teliti saat mengkonfigurasi dibagian routing BGP nya.jadi sering terjadi masalah.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi routing BGP.

E.KESIMPULAN
Jadi routing BGP ini merupakan sebuah routing yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi routing antar jaringan.BGP

F.REFERNSI
KLIK Disini

Tidak ada komentar