Breaking News

KONFIGURASI ROUTING RIP PADA CISCO>Dengan MLS(multilayer switch)



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb..
Kembali lagi di blog saya.Kali ini saya akan melakukan bagaimana cara routing RIP pada pada perangkat cisco di cosco packettracer.

1.PENGERTIAN
Routing RIP,apa itu routing kalian sudah tahu?? dan apa itu routing RIP ??Routing merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data yang ditransmisikan dari satu network ke network yang lain. Pada sebuah router, biasanya mempunyai sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan digunakan ketika ada pengiriman data yang melewati router. Pada kasus tertentu untuk menuju ke suatu tujuan, router tidak hanya memiliki satu gateway, misalnya karena router harus menghubungkan banyak jaringan yang memiliki segmen yang berbeda.

 Routing RIP atau(routing information protocol)adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP).Protokol ini menggunakan algoritme Distance-Vector Routing. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol ini telah dikembangkan beberapa kali, sehingga terciptalah RIP Versi 2 (RFC 2453). Kedua versi ini masih digunakan sampai sekarang, meskipun begitu secara teknis mereka telah dianggap usang oleh teknik-teknik yang lebih maju, seperti Open Shortest Path First (OSPF) dan protokol OSI IS-IS. RIP juga telah diadaptasi untuk digunakan dalam jaringan IPv6, yang dikenal sebagai standar RIPng (RIP Next Generation / RIP generasi berikutnya), yang diterbitkan dalam RFC 2080 (1997).

2.LATAR BELAKANG
RIP mencegah routing loop dengan menerapkan batasan pada jumlah hop diperbolehkan dalam path dari sumber ke tempat tujuan.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa mengkonfigurasi routing RIP pada packettracer.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/Laptop 
  • cisco packettracer
5.JANGKA WAKTU
5 menit

B.ULASAN PRAKTEK
 Gambar di bawah merupakan topologi yang saya gunakan Yaitu:2 komputer,1 router board dan 1 buah MLS.

Untuk konfigurasinya,pertama masuk pada router,konfig pada global configuration>masuk ke interface gigabiteehernet 0/0 yang menuju ke MLS,kemudian kita no sh.seperti gambar dibawah.

 JIka sudah kita masuk lagi ke interface tersebut kemudian,tambahkan ip address dan subnetmask,enter.

-Konfigurasi MLS
Pertama,kita masuk ke cli pada MLS lalu,,masuk ke interface yang menuju router biasa>kemudian kita>no switchport untuk menghilangakan mode port switch dan menggantikannya sebagai router.Masukan juga ip addressnya.Enter.


kemudian untuk Routing RIP kita setting di router biasa,ikuti langkah seperti gambar dibawah.


SELESAI...

Sekian mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kepada kalian.Jika terjadi kesalahan atau kekeliruan harap dimaklumi karena saya disini  juga baru belajar.Jangan lupa juga like dan komen dibawah supaya  blog ini bisa saya kembangkan selalu.Terimaksih...

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Salah saat memasuka ip address pada MLS,sehingga tidak bisa menge-ping.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi Routing RIP.

E.KESIMPULAN
hasilnya router 1 dengan yang lainya saling terhubung dan dapat saling berbagi koneks.

F.REFERENSI
KLIK disini

Tidak ada komentar