Breaking News

KONFIGURASI DNS NAWALA



A.PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb
puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa atas karunianya,sehingga saya bisa terus menuangkan isi pikiran saya ke dalam blog saya.Disini saya akan melakukan konfigurasi DNS Nawala.Apa itu DNS Nawalla??simak penjelasannya:

1.PENGERTIAN
DNS  (bahasa inggris Newslatter)alat komunikasi yang digunakan oleh humas untuk memberikan informasi mengenai perusahaan.Di Indonesia terdapat nama DNS yang dapat digunakan secara gratis tanpa biaya yaitu DNS Nawala. Pengertian DNS Nawala adalah layanan dns yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyadia jasa akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapakan akses internet bersih dan aman.DNS Nawala juga sering digunakan untuk memblokir atau melaporkan situs terlarang seperti,situs Kekerasan,Pornografi,dan atau yang mengandung SARA.

2.LATAR BELAKANG
Di zaman sekarang moral generasi muda sudah mulai luntur,hal tersebut biasa dikarenakan atas  pergaulan dan zaman yang semakin pesat perkembangannya khusus di bidang teknologi dan komunikasi,seperti hal internet banyak para pemuda atau anak-anak yang salah dalam memanfaatkan teknologi internet.Banyak yang menyalahgunakan akses internet untuk hal-hal buruk seperti;bermain game online,berjudi,bahkan situs-situs terlarang yang banyak mengandung content SARA.Oleh karena itu DNS Nawala ini bisa diterapkan untuk mengurangi atau membatasi situs terlarang yang ada  di internet.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Melakukan konfigurasi DNS Nawala.

4.ALAT DAN BAHAN
  • PC/Laptop 
  • Router
  • Kabel UTP
  • Akses internet
5.JANGKA WAKTU
5 Menit

B.ULASAN PRAKTEK
Sebelum melakukan konfigurasi DNS Nawala pada mikrotik pastikan kita sudah konfigurasi routernya ke akses internet.Jika sudah selanjutnya tinggal mengkonfigurasi DNS Nawalanya.Masuk ke ip>DHCP Client>lalu hilangkan ceklist pada Use Perr DNS dan Use Peer NTP>selanjutnya apply ok.

Kemudian masuk ke IP>DNS>kita ubah servers nya yang tadinya 8.8.8.8 menjadi 181.130.144.144 yang merupakan ip dari DNS Nawala dan dibawah tambah juga 181.130.145.145 lalu apply dan ok.


Selesai..,cukup mudah kan??
Selanjutnya kalian bisa di uji  cobakan di browser dengan Source situs terlarang.Jika berhasil  maka akan terdapat Internet sehat dan situs tidak bisa dibuka.Disini saya tidak menunjukan hasilnya.

C.MASALAH YANG DIDAPAT
Sebelumnya saya dapat permasalahan yaitu saat saya konfigurasi  saya tidak di apply dan ok.maka dampaknya situs yang saya cari tidak terblokir.

D.HASIL YANG DIDAPAT
Bisa mengkonfigurasi DNS Nawala.

D.KESIMPULAN
Jadi DNS Nawala ini merupakan sebuah metode aplikasi DNS yang digunakan untuk memblokir situs terlarang.

E.REFERENSI
KLIK disini


Tidak ada komentar